KAJIAN MODEL BISNIS SOSIAL PADA PUSAT PELATIHAN PERTANIAN DAN PEDESAAN SWADAYA (P4S) (STUDI KASUS P4S Dr. M. NATSIR, SANTIAGO, DAN TANJUNG LURAH)

Rara, Mulya Arvidesi (2017) KAJIAN MODEL BISNIS SOSIAL PADA PUSAT PELATIHAN PERTANIAN DAN PEDESAAN SWADAYA (P4S) (STUDI KASUS P4S Dr. M. NATSIR, SANTIAGO, DAN TANJUNG LURAH). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTARPUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) adalah lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun kelompok dan diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya. Dalam menjalankan kegiatan dan fungsinya sebagai lembaga pelatihan swadaya, diperlukan strategi untuk menganalisis model bisnis yang dapat diterapkan oleh P4S agar tetap berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kegiatan yang ada pada masing-masing Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S), 2) Menyusun dan menganalisis model bisnis kanvas pada masing-masing Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) yang diteliti, dan 3) Mengidentifikasi faktor penting yang mempengaruhi berjalannya model bisnis kanvas pada Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) menggunakan analisis SWOT. Kajian model bisnis dibutuhkan untuk merancang model bisnis yang tepat untuk P4S agar berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan menggunakan berbagai literatur dan penelitian lapangan menggunakan wawancara dengan informan kunci. Narasumber pada penelitian ini adalah penanggungjawab dan ketua P4S, yang ditunjuk langsung. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada model bisnis kanvas terdapat beberapa elemen yang dapat dikembangkan lagi. Hasil analisis SWOT dengan menggunakan matriks internal-eksternal didapatkan bahwa: 1) P4S Dr. M. Natsir berada pada kuadran IV, yang berarti strategi yang diterapkan tanpa harus mengubah strategi yang telah ditetapkan. Dimana strategi yang paling banyak digunakan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. 2) P4S Santiago berada pada kuadran I yang berarti strategi integrasi vertikal, dimana dapat dicapai dengan mengambil alih fungsi supplier atau mengambil alih fungsi distributor. 3) P4S Tanjung Lurah berada pada kuadran yang sama dengan P4S Santiago yaitu kuadran I yang berarti strategi integrasi vertikal dimana dapat dicapai dengan mengambil alih fungsi supplier atau mengambil alih fungsi distributor. Kata kunci: model bisnis kanvas, analisis SWOT, pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (P4S)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Helmi, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu penyuluhan
Date Deposited: 25 Apr 2018 11:17
Last Modified: 25 Apr 2018 11:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33060

Actions (login required)

View Item View Item