Analisis Komunikasi Internal Organisasi Penyelenggara Pemilu, Studi pada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Periode 2012-2017

Diana, Sari Dewi Kosasi (2018) Analisis Komunikasi Internal Organisasi Penyelenggara Pemilu, Studi pada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Periode 2012-2017. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
1. Cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img] Text (thesis full text)
5. tesis utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang komunikasi internal organisasi penyelenggara pemilihan umum, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) periode 2012-2017. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan bentuk serta menganalisis hambatan komunikasi internal yang berlangsung di KPU RI periode 2012-2017. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian melibatkan dua unsur yang ada di dalam tubuh organisasi KPU, yaitu komisioner dan sekretariat, sebagai informan penelitian. Informan penelitian dipilih berdasarkan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga bentuk komunikasi internal berdasarkan arus informasinya telah diterapkan dengan baik dalam melakukan koordinasi pekerjaan di KPU. Ketiga bentuk komunikasi internal dimaksud adalah komunikasi vertikal; komunikasi ke atas dan komunikasi ke bawah, komunikasi horizontal, dan komunikasi diagonal atau lintas saluran. Penelitian menemukan beberapa hambatan dalam komunikasi vertikal, di antaranya terdapat kecenderungan beberapa orang sekretariat menghindari komunikasi dengan komisioner. Komunikasi horizontal juga mengalami hambatan pada saat kondisi pekerjaan sedang padat. Hasil penelitian menyarankan agar kajian tentang komunikasi internal ditambahkan dalam pendidikan tata kelola pemilu. KPU diharapkan meningkatkan kegiatan komunikasi internal dengan pendekatan yang inovatif dan persuasif. Kata kunci : komunikasi organisasi, komunikasi internal, komisioner, sekretariat, KPU.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 13 Apr 2018 11:19
Last Modified: 13 Apr 2018 11:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/33021

Actions (login required)

View Item View Item