Hubungan Protein Urine dengan Laju Filtrasi Glomerulus pada Penderita Penyakit Ginjal Kronik Dewasa di RSUP Dr.M.Djamil Padang tahun 2015-2017

Arief, Meiji Surya (2018) Hubungan Protein Urine dengan Laju Filtrasi Glomerulus pada Penderita Penyakit Ginjal Kronik Dewasa di RSUP Dr.M.Djamil Padang tahun 2015-2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak arief.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. Penutup.docx.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
5. FIX FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penyakit ginjal kronik adalah kelainan struktur dan penurunan faal ginjal lebih atau sama dengan tiga bulan. Gangguan fungsi ginjal dapat ditentukan berdasarkan nilai laju filtrasi glomerulus dan lebih sederhana dilakukan dengan pemeriksaan protein urine. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan protein urine dengan laju filtrasi glomerulus pada penderita penyakit ginjal kronik dewasa di RSUP Dr.M.Djamil Padang tahun 2015-2017. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 rekam medis penderita penyakit ginjal kronik dewasa yang telah memeriksakan protein urine dan laju filtrasi glomerulus melalui hasil pemeriksaan kreatinin serum. Data dianalisis menggunakan analisis statistik univariat dan bivariat menggunakan uji Kruskal-Wallis. Hasil analisis univariat didapatkan karakteristik dari sampel penderita penyakit ginjal kronik yang terbanyak adalah berjenis kelamin laki-laki, berumur lebih dari 60 tahun, dan penyebab terbanyak adalah nefropati diabetes. Rata-rata laju filtrasi glomerulus sampel adalah 9,178 mL/mnt per 1,73 m2 . Pemeriksaan protein urine sampel didapatkan hasil yang terbanyak adalah +3. Hasil analisis bivariat didapatkan p=0,118. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara protein urine dengan laju filtrasi glomerulus pada penderita penyakit ginjal kronik dewasa di RSUP Dr.M.Djamil Padang tahun 2015-2017. Kata kunci : Penyakit ginjal kronik; protein urine; laju filtrasi glomerulus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Dian Pertiwi, MS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 02 Apr 2018 11:08
Last Modified: 02 Apr 2018 11:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32892

Actions (login required)

View Item View Item