FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PENERAPAN STANDAR ASUHAN PERSALINAN NORMAL OLEH BIDAN PUSKESMAS RAWAT INAP DI KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI.

EVRINA, SOLVIA SOLEH (2018) FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PENERAPAN STANDAR ASUHAN PERSALINAN NORMAL OLEH BIDAN PUSKESMAS RAWAT INAP DI KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 PENUTUP)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
5. TESIS FULL new.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PENERAPAN STANDAR ASUHAN PERSALINAN NORMAL OLEH BIDAN PUSKESMAS RAWAT INAP DI KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI EVRINA SOLVIA SOLEH Penerapan Standar Asuhaan Persalinan Normal merupakan upaya yang terintegrasi dalam menurunkan AKI dan AKB. Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan mengingat Kabupaten Bungo tertinggi angka kematian ibu dan bayi di Provinsi Jambi. Beberapa faktor yang berkaitan dengan Penerapan Standar asuhan persalinan Normal di Kabupaten Bungo adalah: Pendidikan, Pelatihan, motivasi, Persepsi terhadap Imbalan, Pengalaman dan sarana. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan penerapan Standar Asuhan Persalinan Normal oleh bidan Puskesmas Rawat Inap di Kabupaten Bungo. Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan rancangan cross sectional terhadap 47 orang Bidan yang bertugas di Puskesmas rawat inap Kabupaten Bungo pada Bulan Juli sampai September 2017. Responden diwawancara dan diobservasi dalam menerapkan standar asuhan persalinan normal. Pengolahan data dilakukan dengan komputerisasi dan dianalisis secara statistik menggunakan analisa univariat, bivariat, dan multivariat dengan korelasi product moment Terdapat hubungan antara pelatihan dengan pelaksanaan standar asuhan persalinan normal (p=0,001), terdapat hubungan antara pengalaman dengan pelaksanaan standar asuhan persalinan normal (p=0,010). Tidak terdapat hubungan persepsi terhadap imbalan dengan pelaksanaan asuhan persalinan normal (p=0,539), Tidak terdapat hubungan pendidikan dengan pelaksanaan standar asuhan persalinan normal (p=0,404) serta motivasi dengan pelaksanaan standar asuhan persalinan normal (p=1,000). Kesimpulan penelitian ini bahwa pelatihan merupakan faktor dominan yang berhubungan dengan pelaksanaan standar Asuhan persalinan normal oleh bidan puskesmas rawat inap kabupaten Bungo. Kata Kunci: Standar APN, Pendidikan, Pelatihan, motivasi, Persepsi terhadap Imbalan, dan Pengalaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Masrul,MSc, SpGK
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 27 Mar 2018 10:27
Last Modified: 27 Mar 2018 10:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32799

Actions (login required)

View Item View Item