Pembangunan Sistem Pembayaran Elektronik Sewa Ruangan Karaoke Berbasiskan Web dan Mobile Menggunakan Teknologi Quick Response Code (QR-Code) pada Spass Karaoke Padang

Vania, Dwi Shendani (2018) Pembangunan Sistem Pembayaran Elektronik Sewa Ruangan Karaoke Berbasiskan Web dan Mobile Menggunakan Teknologi Quick Response Code (QR-Code) pada Spass Karaoke Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Spass Karaoke merupakan salah satu tempat hiburan yang menyediakan jasa penyewaan ruangan. Spass Karaoke dalam menjalankan usaha selama ini tidak melakukan pencatatan data pelanggan atau pendaftaran menjadi anggota dan pembayaran juga dilakukan menggunakan uang tunai. Dalam penerapannya, ditemukan beberapa kendala diantaranya kesalahan dalam perhitungan uang ataupun sulit dalam memberikan pengembalian uang dan resiko lainnya, misalkan data yang mudah hilang, kesulitan dalam memantau posisi pendapatan ataupun transaksi sewa ruangan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, merancang, membangun, dan menguji aplikasi pembayaran elektronik sewa ruangan karaoke dengan memanfaatkan teknologi QR Code yang dilengkapi dengan fitur mobile dan web agar Spass Karaoke dapat memanfaatkannya dalam melakukan pengelolaan sistem pembayaran dan pelanggan dapat melihat informasi akunnya dimana saja dan kapan saja. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode waterfall yang melalui tahap analisis, perancangan, serta pengkodean dan pengujian sistem. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sebuah sistem pembayran elektronik sewa ruangan karaoke berbasiskan web dan mobile dengan memanfaatkan teknologi QR Code yang dapat mengatasi permasalahan dalam transaksi pembayaran dan pengawasan data transaksi yang ada serta dapat digunakan bagi pelanggan dan pihak pada Spass Karaoke Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 27 Mar 2018 15:33
Last Modified: 27 Mar 2018 15:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32791

Actions (login required)

View Item View Item