HUBUNGAN ASUPAN KALORI IBU DENGAN KANDUNGAN KALORI ASI PADA IBU MENYUSUI EKSKLUSIF DI WILAYAH PUSKESMAS AIR DINGIN KOTA PADANG TAHUN 2018

Ifwil, Kartini (2018) HUBUNGAN ASUPAN KALORI IBU DENGAN KANDUNGAN KALORI ASI PADA IBU MENYUSUI EKSKLUSIF DI WILAYAH PUSKESMAS AIR DINGIN KOTA PADANG TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) adalah cairan hasil sekresi kelenjar payudara ibu yang merupakan makanan terbaik bagi bayi. Kandungan kalori ASI bervariasi tergantung kandungan karbohidrat, protein, dan lemak yang terdapat dalam ASI. Kandungan kalori dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari bayi maupun dari ibu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan asupan kalori ibu dengan kandungan kalori ASI pada ibu menyusui eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Air Dingin Kota Padang tahun 2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dan dilaksanakan langsung dirumah warga yang menjadi responden pada bulan Januari tahun 2018. Subjek penelitian terdiri dari 41 ibu menyusui yang kemudian diambil data antropometrinya; dilakukan wawancara Repeated 24-h Food Recall untuk mengetahui asupan kalori; diambil ASI lima menit setelah menyusui kemudian diperiksa dengan MIRIS Human Milk Analyzer untuk mengetahui total kalori ASI. Data ini kemuidian dianalisis secara statistik menggunakan uji analisis korelasi dan dinilai bermakna bila nilai p < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara asupan kalori ibu menyusui eksklusif dengan kandungan kalori ASI ( p=0,372). Penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan bermakna antara indeks massa tubuh (IMT) maupun lingkar lengan atas (LILA) ibu menyusui eksklusif dengan kandungan kalori ASI. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kandungan kalori ASI tidak berhubungan bermakna secara statistik dengan asupan kalori, IMT, dan LILA ibu menyusui eksklusif. Kata Kunci : asupan kalori, indeks massa tubuh, lingkar lengan atas, total kalori ASI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fitrisia Amelein, Sp.A, M. Biomed
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 16 Mar 2018 10:41
Last Modified: 16 Mar 2018 10:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32673

Actions (login required)

View Item View Item