PENGARUH PENGUKUSAN TERHADAP KANDUNGAN FENOLIK TOTAL SERTA AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI BUAH RIMBANG (Solanum torvum Swartz)

TIARA, SUKMA (2018) PENGARUH PENGUKUSAN TERHADAP KANDUNGAN FENOLIK TOTAL SERTA AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI BUAH RIMBANG (Solanum torvum Swartz). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh pengukusan sebelum pengeringan terhadap kandungan fenolik total dan aktivitas antioksidan buah Solanum torvum yang dibedakan berdasarkan usia (buah muda, sedang dan tua). Sebelum pengeringan simplisia dibedakan atas dua perlakuan dengan pengukusan dan tanpa pengukusan. Ekstrak buah kering dan diserbuk dari Solanum torvum diperoleh dengan metoda maserasi dengan metanol, penetapan kandungan fenolik total dengan metoda Folin-Ciocalteu dan uji aktivitas antioksidan dengan metoda DPPH. Dari pengujian diperoleh hasil kandungan fenolik total Solanum torvum tanpa pengukusan (buah muda, sedang dan tua) berturut-turut adalah (mgGAE/g ekstrak) : 9,76 ; 6,00 dan 5,83. Sedangkan kandungan fenolik total Solanum torvum yang dikukus sebelum dikeringkan secara berturut-turut adalah (mgGAE/g ekstrak): 36,84; 33,60 dan 30,02. Hasil pengujian aktivitas antioksidan Solanum torvum tanpa pengukusan berturut-turut adalah (ppm) 192,53; 374,21 dan 367,20. Sedangkan untuk Solanum torvum dengan pengukusan sebelum dikeringakan dikeringkan berturut-turut adalah (ppm) 167,91; 168,64 dan 327,34. Kata kunci : Solanum torvum, fenolik total, aktivitas antioksidan, pengukusan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Deddi Prima Putra, Apt
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 14 Mar 2018 15:23
Last Modified: 14 Mar 2018 15:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32554

Actions (login required)

View Item View Item