PEMBANGUNAN APLIKASI WEB UNTUK SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA KENAIKAN JABATAN STRUKTURAL PEGAWAI ESELON III DAN IV PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA PADANG

Suci, Fitri Yeni (2018) PEMBANGUNAN APLIKASI WEB UNTUK SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA KENAIKAN JABATAN STRUKTURAL PEGAWAI ESELON III DAN IV PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BKPSDM) KOTA PADANG. Diploma thesis, Univeristas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER dan ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH FULL)
TUGAS AKHIR ILMIAH FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang merupakan instansi pemerintah daerah yang memiliki tugas pokok dalam urusan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia, salah satunya adalah pengelolaan data jabatan pegawai dan proses pemindahan jabatan (mutasi) pegawai. Pemindahan jabatan (mutasi) pegawai berdasarkan hasil keputusan bersama dalam rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (BAPERJAKAT). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di BKPSDM didapatkan informasi bahwa proses pengelolaan data kenaikan jabatan struktural pegawai eselon III dan IV yang sedang berjalan setiap tahunnya rata-rata 3-4 kali. Proses tersebut masih belum optimal dan ditemukan beberapa kendala seperti data dan informasi yang sering tidak valid, proses pengelolaan data yang masih manual karena belum menggunakan sistem informasi, penyimpanan data belum terpusat karena belum menggunakan database, waktu yang dibutuhkan untuk pengelolaan proses tersebut cukup lama yaitu 7-10 hari. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pendahuluan untuk memperoleh informasi yang akurat dan data yang dibutuhkan, pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Tahapan metode waterfall yaitu menganalisis, merancang, membangun dan pengujian. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode black box testing, yaitu menguji setiap fungsional aplikasi apakah sudah berjalan sesuai dengan analisis dan perancangan yang diharapkan. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah aplikasi web untuk sistem informasi pengelolaan data kenaikan jabatan struktural pegawai eselon III dan IV, diperoleh kesimpulan bahwa analisis dan perancangan sistem telah sesuai dengan proses dan kebutuhan, serta sistem sudah bisa diterapkan pada BKPSDM. Kata kunci : BAPERJAKAT, BKPSDM, pengelolaan data kenaikan jabatan struktural pegawai eselon III dan IV, aplikasi, web.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 07 Mar 2018 16:53
Last Modified: 07 Mar 2018 16:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32502

Actions (login required)

View Item View Item