ANALISIS STRATEGI BISNIS CV PUSTAKA CITRA DALAM MEMACU PENGEMBANGAN MINIMARKET DI KOTA PADANG

Wildison, Djamal (2017) ANALISIS STRATEGI BISNIS CV PUSTAKA CITRA DALAM MEMACU PENGEMBANGAN MINIMARKET DI KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Minimarket merupakan salah satu pasar modern yang sedang berkembang di Kota Padang, hal ini sejalan dengan terjadinya perubahan gaya hidup warga kota yang ingin berbelanja praktis, cepat dan nyaman. Fenomena demikian merupakan peluang bisnis yang menjanjikan bagi pelaku usaha minimarket seperti CV Pustaka Citra yang menaungi minimarket Citra Swalayan. Minimarket yang didirikan perusahaan ini sudah membuka 9 cabang di Kota Padang. Dengan melihat masih luasnya peluang pasar, maka harapan perusahaan ini untuk berkembang masih terbuka lebar. Akan tetapi disisi lain bertumbuhnya minimarket baru yang dikelola oleh perusahaan sejenis maupun individu merupakan tantangan tersendiri bagi CV Pustaka Citra. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi CV Pustaka Citra, lalu menganalisis alternatif strategi apa yang sesuai dan merekomendasikan prioritas strategi yang sesuai dengan kondisi CV Pustaka Citra. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan tahapan formulasi strategi, yaitu matriks IFE dan EFE, matriks Grand Strategy dan matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal terdapat 8 kekuatan dan 7 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 7 peluang dan 6 ancaman. Berdasarkan matriks IFE dan EFE didapat total skor sebesar 2,951 dan 2,936. Untuk matriks Grand Strategy ditemukan CV Pustaka Citra berada pada kuadran I, pada posisi kompetitif yang kuat dengan pertumbuhan pasar yang cepat dan memiliki 7 alternatif strategi. Sedangkan menurut analisis matriks SWOT diperoleh 11 alternatif strategi untuk CV Pustaka Citra, dengan prioritas pada strategi ; membuka lebih banyak cabang milik sendiri atau waralaba, masuk kedalam bisnis e-commerce dan mengurangi otoritas keluarga dalam bisnis. Kata kunci : CV Pustaka Citra, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks Grand Strategy, Matriks SWOT.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Syafrizal, SE, ME
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 21 Feb 2018 09:58
Last Modified: 21 Feb 2018 09:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32308

Actions (login required)

View Item View Item