ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI GURU UNTUK MENGIKUTI PROGRAM SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR DAN TERTINGGAL (SM3T) ( STUDI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) UNIVERSITAS NEGERI PADANG )

WINA, TRISNA (2018) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI GURU UNTUK MENGIKUTI PROGRAM SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR DAN TERTINGGAL (SM3T) ( STUDI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) UNIVERSITAS NEGERI PADANG ). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup dan kesimpulan).pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI GURU UNTUK MENGIKUTI PROGRAM SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR DAN TERTINGGAL (SM3T) ( STUDI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) UNIVERSITAS NEGERI PADANG ) Thesis oleh Wina Trisna Pembimbing : DR. Hendra Lukito, SE, MM ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang motivasi guru dalam mengikuti program Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Negeri Padang. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi SM3T terlihat meningkat dari seleksi peserta pada angkatan ke V. Data penelitian diambil dengan metode kualitatif. Pengambilan data menggunakan pendekatan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang guru SM3T angkatan V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sangat termotivasi untuk mengikuti program SM3T. Faktor yang memotivasi guru terdiri dari faktor ekstrinsik dan faktor intrinsik. Adapun faktor-faktor yang memotivasi para guru dalam mengikuti program ini antara lain hubungan yang baik dengan siswa, rasa kesuksesan dalam diri ketika bisa menyentuh dan mempengaruhi siswa dalam belajar (faktor intrinsik); kesempatan dalam peningkatan kemampuan profesional, kepuasan menjadi guru, kondisi kerja, serta penghargaan dari administrator, orang tua dan siswa (faktor ekstrinsik). Informan mengatakan bahwa segala kekurangan baik dari segi fasilitas mengajar dan transportasi di daerah penempatan sangat memotivasi mereka untuk membantu siswa-siswa yang ada di daerah tertinggal, terluar, dan terdepan agar mendapatkan kualitas pendidikan yang setaraf dengan pendidikan di kota yang maju. Kata Kunci: motivasi, teori motivasi, karakteristik individu

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR. HENDRA LUKITO, SE, MM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 09 Mar 2018 15:53
Last Modified: 09 Mar 2018 15:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32275

Actions (login required)

View Item View Item