ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KREDIT (Studi pada Bank “X” Cabang Lubuk Basung)

GUSPRIADINUR, GUSPRIADINUR (2017) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KREDIT (Studi pada Bank “X” Cabang Lubuk Basung). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir(Penutup dan Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai salah satu lembaga keuangan, Bank “X” Cabang Lubuk Basung memiliki peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Saat ini Bank “X” Cabang Lubuk Basung dihadapkan pada tekanan yang semakin kuat baik dari sisi eksternal maupun dari sisi internal terutama di bidang perkreditan. Analisis strategi pemasaran diperlukan untuk dapat mengetahui keunggulan bersaing dan mengembangkan bisnis model yang tepat untuk mendapatkan imbal balik yang sepadan dan mudah dipahami serta mampu menggambarkan keseluruhan komponen bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan kredit yang dihadapi Bank “X” Cabang Lubuk Basung. Penelitian menggunakan analisa SWOT dengan mengidentifikasi faktor-faktor kekuatan dan kelemahan serta faktor-faktor peluang dan ancaman. Selanjutnnya dilakukan perumusan strategi berdasarkan Model Bisnis Canvas. Penelitian bersifat mixed methods atau metode kombinasi dengan menggunakan metode sequential explonatory dimana tahap pertama dengan menggunakan metode kualitatif dan selanjutnya dilengkapi dengan metode kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuisioner yang dibagikan kepada 18 orang informan yakni seluruh pegawai yang terlibat dalam pengambilan suatu keputusan dan pemasaran kredit. Analisis faktor internal dan eksternal telah digunakan untuk menentukan posisi perusahaan saat ini yang berada pada kuadran V matriks IE (posisi dan strategi bertahan dan menjaga). Matrik SWOT telah menghasilkan 20 alternatif strategi. Hasil analisis Model Bisnis Canvas diperoleh informasi bahwa Bank “X” Cabang Lubuk Basung sebagai market leader pada segmen kredit komsumtif harus mempertahankannya dan terus dikembangkan baik produk atau layanannya termasuk dengan mengembangkan layanan KCU online. Untuk pengembangan 2 kredit produktif, Bank “X” Cabang Lubuk Basung harus mengoptimalkan kinerja petugas kredit melalui kegiatan CCM (Controling, Counceling dan Mentoring). Keyword: Analisis strategi pemasaran, Faktor eksternal dan Internal, Mixed methods, IE Matrix, Matrik SWOT, Model Bisnis Canvas

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. SYFRIZAL, SE, ME
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 09 Feb 2018 16:28
Last Modified: 09 Feb 2018 16:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/32162

Actions (login required)

View Item View Item