FLOUTING OF COOPERATIVE PRINCIPLE AS FOUND IN THE CONVERSATION BETWEEN COLBERT AND NOAH IN THE LATE SHOW WITH STEPHEN COLBERT (YOUTUBE)

Dian, Pratiwi (2017) FLOUTING OF COOPERATIVE PRINCIPLE AS FOUND IN THE CONVERSATION BETWEEN COLBERT AND NOAH IN THE LATE SHOW WITH STEPHEN COLBERT (YOUTUBE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER AND ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (CHAPTER 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (CHAPTER IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BIBLIOGRAPHY (DAFTAR PUSTAKA))
BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL Thesis .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas percakapan yang tidak memperhatikan prinsip kerjasama yang ditemukan pada The Late Show with Stephen Colbert. Data diambil dari percakapan antara Stephen Colbert dan Trevor Noah yang terdapat pada The Late Show with Stephen Colbert. Kemudian ujaran-ujaran yang ada dalam percakapan tersebut ditinjau berdasarkan tipe-tipe maksim yang dilanggar dengan menggunakan teori Grice (1975) dan teori aspek situasi ujaran Leech (1983) untuk menggambarkan konteks yang merupakan faktor munculnya pelanggaran maksim. Kemudian hasil analisis disajikan dalam bentuk argumen yang didukung oleh tabel. Dari hasil analisis, ditemukan 17 data yang tidak memperhatikan semua tipe maksim, diantaranya (1) maxim of quantity (2) maxim of quality, (3) maxim of relevance (4) maxim of manner. Dari keempat tipe maksim tersebut maxim of quantity mendominasi frekuensi pelanggaran dalam prinsip kerjasama yakni muncul sebanyak 8 kali. Kemudian maxim of relevance sebanyak 7 kali, maxim of manner sebanyak 4 kali dan maxim of quality sebanyak 1 kali. Selain itu, faktor yang paling sering mempengaruhi terjadinya pelanggaran maksim adalah faktor tujuan ujaran yang disampaikan, yang terjadi sebanyak 10 kali. Sementara itu, faktor situasi percakapan terjadi sebanyak 5 kali, faktor karakter dipengaruhi oleh lawan bicara terjadi sebanyak 4 kali dan penggunaan aksi lisan sebanyak 2 kali. Kata Kunci : maksim, pelanggaran maksim, prinsip kerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ike Revita, M.Hum
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 30 Oct 2017 12:13
Last Modified: 30 Oct 2017 12:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31697

Actions (login required)

View Item View Item