ANALISIS USAHA KUE BAWANG IRIS USAHA MURNI DI KECAMATAN TANJUNG EMAS KABUPATEN TANAH DATAR

Ryan, Aidil Fajri (2017) ANALISIS USAHA KUE BAWANG IRIS USAHA MURNI DI KECAMATAN TANJUNG EMAS KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
(1) Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
(2) BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
(3) BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
(4) Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
(5) Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha kue bawang iris Usaha Murni dan menganalisis tingkat keuntungan dan titik impas pada usaha kue bawang iris Usaha Murni. Penelitian telah dilaksanakan pada 24 Mei – 23 Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk mendeskripsikan profil usaha dianalisis secara deskriptif kualitatif dan untuk menganalisis tingkat keuntungan dan titik impas dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha ini didirikan tahun 2000 oleh Murni SS dan keluarga. Usaha ini dibantu oleh 4 orang tenaga kerja dalam keluarga dan 12 orang tenaga kerja luar keluarga. Usaha ini memasarkan produknya menggunakan dua saluran distribusi, penjualan langsung ke konsumen dan melalui pedagang pengecer dan pedagang perantara. Kue bawang ini dipasarkan di daerah Batusangkar, Bukittinggi, Payakumbuh, dan Padang Panjang serta menerima pesanan yang dikirim ke Padang dan Pekanbaru. Promosi yang dilakukan dengan cara personal selling dengan pendekatan komunikasi pemasaran word of mouth. Usaha ini belum melakukan pencatatan keuangan yang berbasis pada standar akuntansi keuangan pada transaksi usahanya. Keuntungan yang diperoleh selama periode Januari – Juni adalah sebesar Rp 119.791.146,- dengan impas penjualan selama periode Januari – Juni 2016 sebesar Rp 361.695.681,- dan impas kuantitas sebanyak 8477 kg. Usaha ini disarankan dapat memperluas jangkauan pemasaran produk dan memperluas skala usaha dari saat ini. Selain itu, Usaha diharapkan dapat mencantumkan tanggal kadarluasa pada produk untuk mempermudah konsumen mengetahui batas akhir konsumsi produk. Usaha juga diharapkan melakukan pencatatan laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan atau merekrut tenaga akuntansi yang ahli dan mahir. Kata kunci : kue bawang iris, pemasaran, keuangan, keuntungan, titik impas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Hendri, SP, MM
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 28 Oct 2017 14:52
Last Modified: 30 Oct 2017 10:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31659

Actions (login required)

View Item View Item