RESEPSI PELAJAR TUNGARHITA RINGAN TERHADAP CERITA PENDEK ANAK TINJUAUAN RESEPSI SASTRA

Dianing, Prameswari (2017) RESEPSI PELAJAR TUNGARHITA RINGAN TERHADAP CERITA PENDEK ANAK TINJUAUAN RESEPSI SASTRA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 (pendahulan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir (kesimpulan/penutup))
BAB IV.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsifull.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis pada genre sastra anak. Sastra anak memiliki peranan penting dalam pendidikan anak dan pembentukan karakter anak. Karya sastra juga melatih kemampuan logika dan imajinasi anak-anak. Ketika karya sastra memiliki peranan penting dalam pendidikan anak-anak, lalu apakah karya sastra juga mampu memberikan pendidikan pada anak-anak yang mengalami gangguan intelektual. Anak Tunagrahita Ringan pada umumnya anak-anak yang bisa membaca, tetapi dianggap tidak mampu menyerap, mengingat, dan menyimpulkan bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana anak tunagrahita ringan meresepsi sebuah bacaan fiksi anak khususnya cerita pendek anak dan apakah amanat di dalam cerita dapat ditangkap oleh anak tunagrahita ringan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan resepsi sastra. Landasan teori yang dipakai dalam penganalisisan ini ialah teori Jeuss tentang bagaimana pembaca memahami sebuah karya seperti penilaian mereka. Adapun metode dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa anak tunagrhita ringan meresepsi bacaan dengan baik. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa anak tunagrahita ringan mampu mengingat isi bacaan, memberikan komentar pada bacaan dan menerima amanat yang ada di dalam cerita. Anak tunagrahita ringan dikatakan sangat sulit mengingat dan menyimpulkan isi bacaan, tetapi berdasarkan hasil penelitian anak tunagrahita hanya tidak bisa mengungkapkan atau menceritakan kembali hasil bacaan. Mereka tidak bisa menarasikan kembali isi bacaan yang sudah dibaca, tetapi mereka masih ingat akan hasil bacaan dan mampu menemukan amanat di dalam bacaan. Kata Kunci: Resepsi, Anak Tunagrahita Ringan, Cerita Pendek Anak,

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ivan Adilla, M.Hum
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 26 Oct 2017 16:36
Last Modified: 26 Oct 2017 16:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/31002

Actions (login required)

View Item View Item