DINAMIKA PEMAKNAAN TINDAKAN KOMUNIKASI DAN PESAN-PESAN ANTARA PETUGAS SURVEI DAN PENYEDIA DATA BPS (Studi Tentang Survei Sosial Ekonomi Nasional di Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau)

Zulfajri, Zulfajri (2017) DINAMIKA PEMAKNAAN TINDAKAN KOMUNIKASI DAN PESAN-PESAN ANTARA PETUGAS SURVEI DAN PENYEDIA DATA BPS (Studi Tentang Survei Sosial Ekonomi Nasional di Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI Penutup (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text An.Zulfajri (1520862029).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

DINAMIKA PEMAKNAAN TINDAKAN KOMUNIKASI DAN PESAN-PESAN ANTARA PETUGAS SURVEI DAN PENYEDIA DATA BPS (Studi Tentang Survei Sosial Ekonomi Nasional di Badan Pusat Statistik Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau) Oleh: Zulfajri (BP. 1520862029) Pembimbing: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom dan Dr. Neni Efrita, M.Si ABSTRAK Pada kegiatan survei sosial ekonomi nasional (Susenas) yang di lakukan Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat sebuah realitas sosial yang melibatkan antara petugas survei dan para penyedia data. Dalam realitas sosial tersebut, komunikasi merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara petugas survei dan penyedia data. Komunikasi yang baik dari petugas survei dapat membuat makna pesan yang disampaikan sesuai dengan makna pesan yang ditangkap oleh penyedia data, sehingga tercipta kesamaan makna dan berimbas dengan akurasi data yang didapat. Berangkat dari proses pemaknaan kegiatan Susenas tersebut, maka penelitian ini mempunyai rumusan masalah tentang “bagaimana dinamika pemaknaan tindakan komunikasi dan pesan-pesan antara petugas survei dan penyedia data BPS ”. Untuk menjawab permasalahan diatas, maka penelitian ini berparadigma konstruktivis, dan mengunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini di peroleh dari informan yang terdiri dari para petugas survei, para penyedia data, dan pengawai organik BPS sendiri. Selanjutnya sumber data lainya didapatkan melalui buku-buku, dan tulisan ilmiah yan terkait dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa dalam kegiatan Susenas, proses pemaknaan di awali dengan mengkonstruksi realitas sosial antara petugas survei dan penyedia data. Selanjutnya, dalam proses pemaknaan tindakan komunikasi dan pesan-pesan tersebut di pengaruhi oleh beberapa faktor, yakni: isi (content), episode, tindak tutur, pola budaya, naskah kehidupan, hubungan, moralitas, dan sumber daya. Dalam mengkoordinasikan makna, terdapat aturan-aturan pemaknaan, dan adanya pelanggaran harapan yang terjadi. Selain itu, faktor kredibilitas merupakan salah satu faktor yang penting agar proses pemaknaan dalam kegiatan Susenas bisa berjalan dengan baik. Kata kunci: Dinamika pemaknaan, Tindakan Komunikasi, Pesan-pesan, Kredibilitas

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 26 Oct 2017 10:42
Last Modified: 26 Oct 2017 10:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30977

Actions (login required)

View Item View Item