Revyne, Lova Ceolicca (2017) Simulasi Jadwal Keberangkatan Bus Trans Padang Pada Halte Koridor I. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Text (Abstrak).pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab VI. Penutup)
Text (BAB VI. Penutup).pdf - Published Version Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I. Pendahuluan)
Text (BAB I. Pendahaluan).pdf - Published Version Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Text (Skripsi Full Text).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
Trans Padang resmi dioperasikan pada tanggal 14 Februari 2014 dengan sepuluh armada, yang kini berarmadakan 20 bus yang terdiri dari 15 bus sedang dan 5 bus besar yang melayani masyarakat pada Koridor I sepanjang 19 Km melintasi RTH Imam Bonjol hingga Batas Kota. Dalam operasionalnya, Trans Padang belum memiliki time table yang menyebabkan sulitnya calon penumpang memprediksi waktu keberangkatan bus. Oleh sebab itu, perlu dilakukan simulasi jadwal keberangkatan angkutan Bus Rapid Transit Trans Padang. Penelitian dimulai dari pengambilan data primer dengan melakukan survei langsung di lapangan selama satu hari penuh pengoperasian bus dimulai dari jam 06.00 hingga bus terakhir beroperasi yang bersifat on bus survey. Data hasil survei tersebut kemudian diolah dan didapatkan hasil berupa headway rata-rata pada jam sibuk sebesar 7 menit 6 detik dan 8 menit 33 detik pada jam tidak sibuk, terminal time selama 2 menit 45 menit pada bus besar dan 5 menit 27 detik untuk bus sedang pada pemberhentian di halte Imam Bonjol dan rata-rata waktu terminal pada Batas Kota sebesar 26 menit 5 detik untuk bus besar dan 12 menit 8 detik untuk bus sedang. alam pengoperasiannya, bus mengalami keterlambatan dan keberangkatan yang lebih awal dari jadwal dengan nilai yang bervariasi, sehingga didapatkan prediksi persentase ontime bus sedang sebanyak 72.53% bus pada jam sibuk dan 83.41% bus pada jam tak sibuk dapat dikatakan ontime, sedangkan pada bus besar sebanyak 89.93% bus dikatakan ontime. Hasil pengolahan data diatas direncanakan time table Bus Trans Padang sesuai kondisi real di lapangan. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kinerja operasional Trans Padang dinilai sudah cukup optimal dalam pengoperasiannya. Dapat dilihat dari rata-rata waktu antara dan waktu tunggu yang telah memenuhi standar yang memenuhi standar yang ditetapkan World Bank dan Dirjen Perhubungan Darat. Serta reliability dari time table Bus Trans Padang yang mendekati 80% pada bus sedang serta melibihi 80% pada bus besar. Kata Kunci: Bus, Headway, Reliability, Time Table
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | YOSSYAFRA, Ph. D |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 25 Oct 2017 11:23 |
Last Modified: | 25 Oct 2017 11:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30607 |
Actions (login required)
View Item |