KENDALA IMPLEMENTASI PENGOPERASIAN TERMINAL HUTAIMBARU PAL IV MARIA KOTA PADANGSIDIMPUAN SUMATERA UTARA

ilham, Asyura (2017) KENDALA IMPLEMENTASI PENGOPERASIAN TERMINAL HUTAIMBARU PAL IV MARIA KOTA PADANGSIDIMPUAN SUMATERA UTARA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Merged Document (1024030933).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
4 bab I.pdf - Published Version

Download (957kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
5. bab 6 penutup.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI LUTFI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK ILHAM ASYURA, 1110831009, Kendala Implementasi Kebijakan Pengoperasian Terminal Hutaimbaru PAL IV Maria Kota Padangsidimpuan Sumatera utara. Sebagai pembimbing I Drs. Syaiful M.Si dan Pembimbing II Andri Rusta, S.IP,M.PP. Penelitian ini berangkat dari tindaklanjut Pemerintahan Kota Padangsidimpuan dalam rangka memfungsikan pengoperasian terminal Hutaimbaru pasca pembangunan. Pemungsian terminal tersebut terdapat masalah sehingga pengoperasian terminal tidak berjalan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala implementasi kebijakan pengoperasian terminal Hutaimbaru PAL IV Maria Kota Padangsidimpuan Sumatera Utara. Untuk menilai kendala implementasi kebijakan pengoperasian terminal ada 2 teori yaitu: pertama, teori Van Meter dan Van Horn terdiri dari 6 variabel. Dan kedua,teori Hogwood dan Gunn terdiri dari 10 variabel membahas kendala. Dalam penelitian ini hanya menggunakan 8 variabel. Metode penelitian pendekatan kualitatif deskripitif. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis etik dan emik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Pengoperasian terminal belum berjalan maksimal karena ketidakjelasan prosedur standar kebijakan SK Walikota Nomor: 171/KPTS/2014 tentang Lin Trayek Angkutan mobil penumpang umum dan penempatan loket dan pool taksi L.300 di kota Padangsidimpuan sebagai patokan untuk menjalankan pengoperasian terminal; (2). Sumberdaya manusia yang dimiliki oleh Dishubkominfo yang dibantu oleh operasi gabungan bakortiblantas hanya berjalan seharian penuh saat peresmian terminal, dan lokasi terminal yang kurang mendukung supir angkutan; (3). Komunikasi yang dibangun oleh dinas terkait ada kesalahpahaman penginstruksian TUPOKSI antara Dishubkominfo dengan Dinas PPKA dan minimnya komunikasi koordinasi dengan Organda; (4). Karakteristik agen pelaksana kurang memahami TUPOKSI karena struktur birokrasi Dishubkominfo ada pergantian posisi jabatan yang berefek kepada permasalahan pengoperasian terminal; (5). Begitu juga dengan kondisi lingkungan secara politik pemerintah tidak mampu mengawasi berjalannya pengoperasian terminal sesuai kebijakan yang berlaku karena adanya campurtangan lembaga kepemudaan. (6). Kendala-kendala yang ditemukan didalam internal dishubkominfo adanya pergantian posisi jabatan menyebabkan hubungan saling bergantungan yang tidak sesuai dengan SOP dalam pengimplementasian pengoperasian terminal Hutaimbaru. Kata kunci : pengoperasian, standar kebijakan, sumberdaya, komunikasi, karakteristik, disposisi, lingkungan, kendala-kendala

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 24 Oct 2017 16:36
Last Modified: 24 Oct 2017 16:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30534

Actions (login required)

View Item View Item