Hubungan Kadar Feritin Serum Dengan Fungsi Sitolik Dan DiastolikPada Pasien Talassemia β Mayor Beserta Faktor Yang Mempengaruhinya

Fakhrurrazi, Fakhrurrazi (2017) Hubungan Kadar Feritin Serum Dengan Fungsi Sitolik Dan DiastolikPada Pasien Talassemia β Mayor Beserta Faktor Yang Mempengaruhinya. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Utuh 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tranfusi berulang pada penderita talasemia mengakibatkan penumpukan besi di dalam organ tubuh. Penumpukan pada jantung akan mengakibatkan gangguan fungsi baik sistolik maupun diastolik. Kadar feritin diatas 2500 ng/ml meningkatkan resiko kelainan jantung. Penelitian bertujuan menganalisis hubungan kadar feritin dan faktor yang mempengaruhinya dasar dengan gangguan fungsi jantung sistolik dan diastolik.Metode penelitian potong lintang menganalisis hubungan antara kadar serum feritin dengan gangguan fungsi jantung sistolik dan diastolikpada penderita talasemia β mayor di Bagian Ilmu Anak RS. Dr. M. Djamil Padang selama Juni-Agustus 2017. Data diolah dengan SPSS 16.0. Analisis dilakukan dengan korelasi bivariat untuk mengengetahui faktor tersebut bermakna bila p < 0,05.Hasil didapatkan subjek penelitian 38 anak dengan rerata kadar feritin 3268 nq/ml. Kadar feritin >2500 nq/m 18 anak (50%). Hasil echokardiografi 8 anak (22,2%) dengan rasio E/A < 1,5. Semua EF dan FS normal. Dengan analisis bivariat didapatkan hubungan bermakna kadar feritin serum dengan gangguan fungsi diastolik pada subjek penelitian (p<0,05). Dengan analisis multiple regresi tidak ada hubungan umur diagnosis, lama sakit,dan kadar hemoglobin dengan gangguan fungsi diastolik.Kesimpulan terdapat hubungan antara kadar feritin serum dengan fungsi jantung diastolik rasio E/A yang <1,5 namun tidak didapatkan gangguan fungsi jantung sistolik EF, FS. Kata Kunci: Talasemia B Mayor, Feritin, Fungsi Jantung.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Didik Hariyanto, SpA(K)
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 26 Oct 2017 16:09
Last Modified: 26 Oct 2017 16:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30489

Actions (login required)

View Item View Item