ANALISIS FAKTOR KANSEI YANG MEMPENGARUHI EMOSIONAL PENGGUNA PRODUK PREMIUM SMARTPHONE MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING

Yurialdi, Yurialdi (2017) ANALISIS FAKTOR KANSEI YANG MEMPENGARUHI EMOSIONAL PENGGUNA PRODUK PREMIUM SMARTPHONE MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
Bab 6.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
TA Final.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Keberadaan Smartphone di era digital saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan kita. Tingginya tingkat penggunaan produk ini telah membuat penggunanya sangat bergantung dengan perangkat ini, dan bahkan fungsinya pun telah meliputi bagian yang subtansial dari kehidupan manusia. Hal inilah yang membuat para provider smartphone berlomba-lomba menghasilkan produk-produk terbaiknya, bahkan untuk kelas premium. Produsen berusaha menghasilkan produk yang berorientasi pada pelanggannya (Customer-Oriented). Agar tetap bertahan para provider Smartphone terus berinovasi dengan produknya, menghadirkan spesifikasi dan fitur-fitur produknya yang semakin canggih, demi mendapatkan tempat di hati konsumennya. Kansei Engineering sebagai metode yang mampu menerjemahkan emosional, perasaan, kesan seseorang terhadap produk yang diinginkan, menjadi salah satu cara untuk memahami keinginan emosional perasaan pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi emosional (Kansei) pengguna terhadap Produk Premium Smartphone iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Penelitian ini menggunakan Kuesioner Kansei yang menggambarkan kesan emosional dan alasan konsumen memilih menggunakan produknya itu. Kuesioner Kansei ini disebar secara online pada forum official Pengguna iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7 Edge. Hasil dari kuesioner ini didapatkanlah sebanyak 80 responden, yaitu 37 responden untuk produk iPhone 7 dan 43 responden untuk produk Samsung Galaxy S7 Edge. Setelah itu hasil rekapitulasi kuesioner kansei ini diolah menggunakan Analisis Faktor dengan metode Principal Component Analysis, sehingga didapatkanlah faktor kansei yang paling signifikan mempengaruhi Kansei pengguna iPhone 7 adalah Variabel Halus sebesar 86,1%, sedangkan pada Samsung Galaxy S7 Edge adalah Variabel Futuristik sebesar 77,6%. Kemudian variabel-variabel Kansei tersebut dikelompokkan untuk dilakukan Sintesis dengan item properti produknya untuk mendapatkan hubungan yang mempengaruhi emosional pengguna iPhone 7 dan Samsung Galaxy S7 Edge dari aspek properti produknya. Hasil sintesis menunjukkan bahwa bahwa dari Faktor halus konsumen iPhone 7 ini dipengaruhi oleh Pilihan Warna, Material/Bahan, Resolusi Kamera, Kerapatan Pixel pada layar, dan Stereo/Pengeras suara yang bagus. Sedangkan pada pengguna Samsung Galaxy S7 Edge faktor Kansei yang significant adalah futuristik dipengaruhi oleh ukuran dan resolusi layarnya yang cukup tinggi, serta fitur-fitur produknya yang canggih seperti fitur fast charging, wireless charging, dan edge screen. Kata Kunci: Analisis Faktor, Kansei Engineering, Produk Premium, dan Smartphone.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng. Lusi Susanti
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 24 Oct 2017 10:11
Last Modified: 24 Oct 2017 10:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30466

Actions (login required)

View Item View Item