Perbandingan Kurva Stribeck Antara Pendekatan Tebal Lapisan Film Oleh Hamrock dan Dowson dengan Pendekatan Moes Untuk Analisis Regime Pelumasan Roda Gigi Miring Intermediate Gear 2

Rusdi, Hardianto (2017) Perbandingan Kurva Stribeck Antara Pendekatan Tebal Lapisan Film Oleh Hamrock dan Dowson dengan Pendekatan Moes Untuk Analisis Regime Pelumasan Roda Gigi Miring Intermediate Gear 2. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Roda gigi berfungsi untuk meneruskan daya dari poros penggerak ke poros yang akan digerakan melalui proses rolling kontak antara dua roda gigi yang berpasangan. Akibat dari pemindahan daya ini akan terjadi tekanan yang sangat besar pada permukaan gigi yang berkontak. Hal ini dapat menyebabkan kegagalan pada permukaan roda gigi akibat gesekan dan tekanan dipermukaan. Untuk mencegah kegagalan lebih lanjut maka harus diperhatikan sistem pelumasannya. Dalam teknik pelumasan, daerah (regime) pelumasan dapat digambarkan dalam kurva Stribeck. Kurva Stribeck untuk regime pelumasan roda gigi miring intermediate gear 2 telah dimodelkan dalam tulisan ini menggunakan dua pendekatan tebal lapisan film, yaitu pendekatan Hamrock dan Dowson dan juga pendekatan Moes. Pemodelan dilakukan dengan cara menghitung koefisien gesek pada variasi-variasi kecepatan tertentu sehingga mendapatkan sebuah kurva logaritmik perbandingan kecepatan dengan koefisien gesek. Selain itu dimodelkan juga kurva Stribeck dengan variasi kekentalan pelumas, kekasaran permukaan dan pembebanan untuk kedua pendekatan tebal lapisan film. Perhitungan-perhitungan yang dilakukan selama pemodelan kurva Stribeck diprogramkan menggunakan software Maple 15. Hasil dari pemodelan ini menunjukan bahwa kurva Stribeck yang dimodelkan dengan pendekatan Hamrock dan Dowson terlihat hampir sama dengan kurva Stribeck yang dimodelkan dengan pendekatan Moes. Selain itu dari variasi yang dilakukan dapat juga diperhatikan pengaruh viskositas, kekasaran permukaan dan pembebanan terhadap kurva Stribeck. Kata kunci : roda gigi miring, mixed lubrication, Hamrock dan Dowson, Moes, kurva Stribeck

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DEDISON GASNI, Ph.d
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 23 Oct 2017 13:03
Last Modified: 23 Oct 2017 13:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30385

Actions (login required)

View Item View Item