Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Program Pengobatan Pasien HIV/AIDS di Yayasan Taratak Jiwa Hati Padang Tahun 2017

Denis, Marsela (2017) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Program Pengobatan Pasien HIV/AIDS di Yayasan Taratak Jiwa Hati Padang Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrack.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Jumlah kematian yang disebabkan oleh HIV/AIDS mengalami peningkatan dari 1,2 juta pada tahun 2013 menjadi 1,3 juta pada tahun 2014. Hal ini disebabkan oleh ketidakpatuhan ODHA terhadap program pengobatan yang di jalani, salah satunya adalah terapi ARV. Terapi ARV menuntut ODHA untuk memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi 95%, oleh karena itu dibutuhkan pengawas minum obat (PMO) bagi ODHA, salah satunya dukungan dari keluarga dimana keluaga merupakan yang paling dekat dengan ODHA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan program pengobatan pasien HIV/AIDS di Yayasan Taratak Jiwa Hati Padang, jenis penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross secttional study. Penelitian dilakukan di Taratak Jiwa Hati Padang selama 7 hari dari tanggal 22-30 September 2017. Populasi berjumlah 86 orang dengan sampel 71 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pada analisa univariat didapatkan bahwa sebanyak 39 orang (54,9%) ODHA mendapatkan dukungan yang baik dari keluarga dan kepatuhan dalam program pengobatan sebagian besar dalam kategori patuh 42 orang (59,2%) ODHA. Pada analisa bivariat yang diuji dengan chi-square terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan program pengobatan pasien HIV/AIDS, (p=0,002), maka disimpulkan jika dukungan keluarga baik, kepatuhan program pengobatan pasien HIV/AIDS juga baik. Oleh karena itu perlu membuat satu program khusus mengenai pengobatan ARV yang melibatkan anggota keluarga ODHA didalamnya, sehingga dapat menambah pengetahuan keluarga sebagai pengawas minum obat. Kata kunci : dukungan keluarga, kepatuhan program pengobatan, HIV/AIDS Daftar pustaka : 40 (1986-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afrianti, S.Kp, M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 10:55
Last Modified: 23 Oct 2017 10:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30325

Actions (login required)

View Item View Item