HUBUNGAN PARENTAL MONITORING DAN PENGARUH TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU SEKSUAL BERISIKO PADA REMAJA DI SMP 1 ULAKAN TAPAKIS PADANG PARIAMAN

Hasnatul, Fikriyah (2017) HUBUNGAN PARENTAL MONITORING DAN PENGARUH TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU SEKSUAL BERISIKO PADA REMAJA DI SMP 1 ULAKAN TAPAKIS PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (pendahuluan))
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (kesimpulan dan saran))
BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Remaja merupakan masa munculnya pemikiran yang abstrak. Ketika remaja memasuki usia remaja pertengahan, gelora rangsangan seksual mulai meningkat.Rangsangan seksual dan keingintahuan yang tinggi mengakibatkan remaja melakukan perilaku seksual berisiko. Perilaku seksual berisiko tidak lepas dari keterlibatan teman sebaya dan pengawasan orang tua. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan parental monitoring dan pegaruh teman sebaya dengan perilaku seksual berisiko pada remaja di SMP 1 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Cara pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Sampel sebanyak 216 siswa/siswi SMP 1 Ulakan Tapakis Padang Pariaman. Analisis data dilakukan dengan uji Spearman dan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara parental monitoring dengan perilaku seksual berisiko (p=0,000) dengan kekuatan sedang (r =-0,443), dan pengaruh teman sebaya dengan perilaku seksual berisiko juga memiliki hubungan yang signifikan (p = 0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah parental monitoring dan teman sebaya dapat mempengaruhi perilaku seksual berisiko remaja. Penelitian ini memberikan gambaran pada pihak sekolah agar dapat mengaktifkan kembali bimbingan konseling dan untuk orangtua agar dapat bekerjasama dengan sekolah dalam memberikan pendidikan seksual remaja. Kata kunci : perilaku seksual berisiko, parental monitoring, remaja, teman sebaya Referensi : 51 (2001-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: NS. RIKA SARFIKA, M.KEP
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 12:19
Last Modified: 23 Oct 2017 12:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30294

Actions (login required)

View Item View Item