Hubungan Preeklampsia Berat dengan Komplikasi Neonatal di Ruang Rawat Inap Kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2016

Noni, Halmi Surianti (2017) Hubungan Preeklampsia Berat dengan Komplikasi Neonatal di Ruang Rawat Inap Kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
10 BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
16 BAB VII.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
17 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img] Text (skripsi full teks)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Preeklampsia merupakan salah satu penyulit dalam kehamilan yang menyebabkan rasa sakit berat, kecacatan jangka panjang, serta kematian pada ibu, janin dan neonatus. Kehamilan yang disertai preeklampsia merupakan beresiko tinggi karena dapat menyebabkan kematian maternal dan perinatal. Angka kematian neonatus di Kota Padang meningkat setiap tahunnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara preeklampsia berat dengan komplikasi neonatal di Ruang Rawat Inap Kebidanan RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan case-control. Perhitungan sampel dengan teknik purposive sampling didapatkan 84 sampel yaitu 42 sampel komplikasi neonatal dan 42 sampel tidak komplikasi neonatal. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar isian data ibu dan neonatal. Hasil analisis bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian dari 42 neonatal dengan komplikasi sebanyak 36 neonatal (85,7%) lahir dari ibu PEB dan sebanyak 6 neonatal (14,3%) lahir dari ibu tidak PEB. Berdasarkan hasil uji statistik, disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara PEB dengan komplikasi neonatal yaitu p=0,004 (p<0,05). Dan OR (4,500) artinya Ibu dengan PEB memiliki peluang untuk melahirkan bayi dengan komplikasi 4,5 kali lebih besar dibandingkan ibu tidak PEB. Diharapkan petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan kesehatan pada ibu hamil dengan preeklampsia untuk mengurangi kemungkinan komplikasi kehamilan dan pada bayi yang dilahirkan. Kata Kunci : komplikasi neonatal, preeklampsia, preeklampsia berat Daftar Pustaka : 74 (1999-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Yanti Puspita Sari, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Oct 2017 10:51
Last Modified: 23 Oct 2017 10:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30231

Actions (login required)

View Item View Item