FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN OLEH PERAWAT DI RSUD dr.ACHMAD DARWIS SULIKI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Jamilatur, Rasyidah Efendi (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KESEHATAN OLEH PERAWAT DI RSUD dr.ACHMAD DARWIS SULIKI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII)
Bab VII.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS OKTOBER, 2017 Nama : Jamilatur Rasyidah Efendi No.BP : 1311312018 Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan Oleh Perawat di RSUD Dr. Achmaf Darwis Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2017 ABSTRAK Kualitas pelayanan keperawatan ditentukan sejauh mana klien mengalami perubahan pada status kesehatan serta pengetahuan dan pengalaman baru terkait dengan kesehatannya. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu intervensi keperawatan yang dapat meningkatkan mutu pelayanan dan memberikan kepuasan klien. Fenomena di Rumah Sakit RSUD Dr. Achmad Darwis Suliki belum optimal dilaksanakan, hal ini ditunjukkan oleh 49,1% perawat masih melaksanakan pendidikan kesehatan dengan kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan pelaksanaan pendidikan kesehatan di ruang rawat inap RSUD Dr. Achmad Darwis Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2017. Rancangan pada penelitian ini adalah Analitik dengan menggunakan data kuantitatif berdasarkan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 53 orang dengan teknik penentuan sampel yaitu proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisis data univariat dengan distribusi frekuensi, analisis bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pelaksanaan pendidikan kesehatan dengan imbalan (p = 0,045), bimbingan teknis (p= 0,020) dan supervisi kepala ruangan (p = 0,000). Dari analisis multivariat diketahui variabel yang paling berkontribusi terhadap pelaksanaan pendidikan kesehatan oleh perawat yaitu variabel supervisi kepala ruangan (p = 0,000). Supervisi kepala ruangan merupakan faktor yang paling berkontribusi terhadap pelaksanaan pendidikan kesehatan sehingga diharapkan kepada pihak rumah sakit untuk meningkatkan pelaksanaan pendidikan kesehatan melalui peningkatan peran kepala ruangan dalam melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pendidikan dan meningkatkan kedisiplinan perawat dalam melakukan tugasnya sebagai pemberi pelayanan kesehatan. Kata Kunci : Faktor-Faktor, Pelaksanaan, Pendidikan Kesehatan, Perawat Kepustakaan : 51 (1996 – 2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, S.Kp, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 20 Oct 2017 11:50
Last Modified: 24 Oct 2017 16:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30226

Actions (login required)

View Item View Item