Intan, Maharani (2017) PENGARUH LEARNER AUTONOMY TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT DI SMA NEGERI 11 KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK INTAN MAHARANI.pdf - Published Version Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1 INTAN MAHARANI.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5 INTAN MAHARANI.pdf - Published Version Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA INTAN MAHARANI.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI INTAN MAHARANI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Pengaruh Learner Autonomy Terhadap Student Engagement Di SMA Negeri 11 Kota Padang Intan Maharani ABSTRAK Student engagement (keterlibatan siswa) menjadi salah satu konsep untuk memperbaiki tingkat prestasi akademik yang rendah, tingkat kebosanan siswa yang tinggi, ketidakpuasan, dan tingginya angka putus sekolah di daerah perkotaan (National Research Council & Institute of Medicine, 2004). Student engagement merupakan perilaku siswa yang memperlihatkan partisipasi aktif dan perilaku positif di sekolah. Siswa yang memiliki student engagement akan melibatkan aspek kognitif, afektif dan sosial dalam proses belajarnya. Sedangkan siswa yang memiliki learner autonomy dapat melibatkan aspek kognitif, afektif, dan sosial yang dibutuhkan siswa untuk dapat terlibat (Ciekanski, 2007). Learner autonomy merupakan kemampuan yang dimiliki siswa untuk mendapatkan pengetahuan atau kemampuan melalui proses yang ia tentukan sendiri (Chene, dalam Macaskill & Taylor, 2010). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara learner autonomy terhadap student engagement di SMA Negeri 11 Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa SMA Negeri 11 Kota Padang, dengan menggunakan proportionate stratified random sampling, didapatkan sampel sebanyak 222 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala SEM (Student Engagement Measurement) oleh MacArthur (dalam Fredericks dkk, 2011) untuk mengukur student engagement dan Autonomous Learning Scale dari Macaskill dan Taylor (2010) untuk mengukur learner autonomy. Pengolahan hasil penelitian menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara learner autonomy terhadap student engagement pada siswa SMA Negeri 11 Kota Padang. Hal ini berarti dengan memiliki learner autonomy siswa berkemungkinan untuk memiliki student engagement yang lebih tinggi. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Sedangkan nilai odds ratio sebesar 8,84, ini artinya siswa yang memiliki learner autonomy yang baik 8,84 kali berkemungkinan memiliki student engagement yang tinggi. Kata Kunci : Student Engagement, Learner Autonomy, Siswa SMA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yantri Maputra, M.Ed.,PhD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 12:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 12:33 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/30078 |
Actions (login required)
View Item |