Hubungan Tingkat Preferensi Makanan, Tingkat Pengetahuan Gizi, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Siswa Asrama SMA Negeri 1 Padang Panjang

Ridwan, Fajri (2017) Hubungan Tingkat Preferensi Makanan, Tingkat Pengetahuan Gizi, dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi Siswa Asrama SMA Negeri 1 Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
SKRIPSI LENGKAP WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Asupan makanan dan aktivitas fisik merupakan faktor langsung yang mempengaruhi status gizi. Preferensi makanan dan pengetahuan gizi akan menentukan pilihan asupan makanan pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat preferensi makanan, tingkat pengetahuan gizi dan aktivitas fisik dengan status gizi pada siswa asrama SMA Negeri 1 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan studi analitik dengan pendekatan cross sectional Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2017. Jumlah sampel yang diambil adalah 100 orang untuk dilakukan wawancara preferensi makanan, pengetahuan gizi dan aktivitas fisik, serta dilakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Data ini kemudian dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil univariat didapatkan prevalensi underweight adalah 20% dan overweight 15%, sampel dengan tingkat preferensi makanan rendah sebanyak 9%, sampel dengan tingkat pengetahuan kurang sebanyak 45%, dan sampel dengan aktivitas fisik ringan sebanyak 25%. Hasil analisis bivariat menunjukkan tidak ada hubungan antara tingkat preferensi makanan (p=0,716), dan tingkat pengetahuan gizi (p=0,133) dengan status gizi, namun terdapat hubungan antara aktivitas fisik (p=0,000) dengan status gizi. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara tingkat preferensi makanan dan tingkat pengetahuan gizi dengan status gizi dan terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan status gizi. Kata kunci: preferensi makanan, pengetahuan gizi, aktivitas fisik, status gizi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Masrul, M.Sc, SpGK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Oct 2017 15:39
Last Modified: 17 Oct 2017 15:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29983

Actions (login required)

View Item View Item