Hubungan Pengetahuan dan Sikap Tentang Penuaan Dengan Kepuasan Hidup Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kelurahan Parak Gadang Timur Padang Tahun 2017

Fika, Fitrianisa (2017) Hubungan Pengetahuan dan Sikap Tentang Penuaan Dengan Kepuasan Hidup Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kelurahan Parak Gadang Timur Padang Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
3 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
4 Dapus.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5. SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SEPTEMBER 2017 Nama : Fika Fitrianisa No. BP : 1311312044 Hubungan Pengetahuan dan Sikap Tentang Penuaan Dengan Kepuasan Hidup Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kelurahan Parak Gadang Timur Tahun 2017 ABSTRAK Populasi lansia (ageing population) setiap tahunnya semakin meningkat, di Indonesia mencapai 24 juta jiwa. Seiring dengan meningkatnya jumlah lansia, dikhawatirkan dimasa yang akan datang kepuasan hidup berada diperiode terendah. Hal ini disebabkan karena penurunan yang terjadi pada aspek-aspek kepuasan hidup lansia yang disebabkan oleh proses menua (aging process). Salah satu prediktor utama dari kepuasan hidup ialah kesejahteraan psikologis yang berkaitan dengan penerimaan diri, dan dapat dicapai oleh lansia yang memiliki pengetahuan yang baik tentang penuaan dan sikap positif terhadap diri mereka sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap tentang penuaan dengan kepuasan hidup lansia di wilayah kerja puskesmas andalas padang tahun 2017. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian dilakukan di kelurahan parak gadang timur pada bulan april sampai juli 2017. Sampel pada penelitian ini adalah lansia yang berumur 60-64 tahun, berjumlah 149 orang dan diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan, dan sikap tentang penuaan serta kepuasan hidup. Data dianalis dengan menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir separuh lansia memiliki pengetahuan rendah (34,9%), separuh lansia memiliki sikap positif (50,3%), dan hampir separuh lansia (44,4%) memiliki kepuasan hidup yang cukup. Hasil uji statistik didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan p value = 0,000, sikap p value = 0,000 dengan kepuasan hidup. Diharapkan adanya upaya promotif melalui penyuluhan kepada lansia mengenai proses penuaan (ageing process). Kata Kunci : Pengetahun dan Sikap Tentang Penuaan, Kepuasan Hidup Lansia Daftar Pustaka : 56 (2002-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: FITRA YENI, S.KP, MA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 17 Oct 2017 10:38
Last Modified: 17 Oct 2017 10:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29931

Actions (login required)

View Item View Item