Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Software Kompatibilitas Total Parenteral Nutrition (TPN) Pada Tenaga Kesehatan dan Medis di Neonatal Intensive Care Unit

PRIMASARI, YULIA (2017) Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Software Kompatibilitas Total Parenteral Nutrition (TPN) Pada Tenaga Kesehatan dan Medis di Neonatal Intensive Care Unit. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak p.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
lampiran dokumen bab 1 skripsi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA iniii yang fix.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview

Abstract

Neonatus cenderung menerima terapi pengobatan multipel dan asupan nutrisi secara intravena sehingga resiko inkompatibilitas meningkat. Oleh karena, itu software Kompatibilitas Total Parenteral Nutrition (TPN) “Drug Compatibility Checker” dikembangkan untuk menyediakan informasi inkompatibilitas yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan validasi software dengan mengukur fungsionalitas, akurasitas, dan mengukur tingkat kepuasan pengguna (User Acceptance), serta menentukan faktor yang mempengaruhinya. Uji fungsionalitas dan akurasitas dilakukan dengan membandingkan lama waktu dan hasil pengecekan kompatibilitas obat maupun TPN menggunakan software dan literatur kemudian dianalisa dengan uji paired sample t-test. Validasi instrumen penelitian dan pengukuran tingkat kepuasan pengguna dilakukan dengan metode survey kuantitatif pada tenaga kesehatan dan medis yang bekerja di bagian Neonatal Intensive Care Unit (NICU) RSUP Dr. M. Djamil Padang. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa software yang dikembangkan bersifat valid,dengan rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk percobaan menggunakan literatur dan software secara berurut adalah 37,96 dan 5,84 detik. Tingkat kepuasan responden terhadap software cukup bagus dengan skor rata-rata jawaban kuesioner berdasarkan skala likert berkisar antara 3,3 hingga lima. Analisa bahwa umur dan profesi berpengaruh terhadap kepuasan ditentukan dengan uji Kruskal-Wallis menghasilkan nilai p<0,05 sementara jenis kelamin tidak memberikan pengaruh yang signifikan dengan hasil uji Mann-Whitney p>0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah software yang dikembangkan bersifat valid, tingkat kepuasan pengguna bagus dan tidak dipengaruhi jenis kelamin pengguna, tetapi dipengaruhi oleh umur dan profesi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rahmi Yosmar S.Farm, M.Farm, Apt
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 05 Oct 2017 15:19
Last Modified: 05 Oct 2017 15:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29715

Actions (login required)

View Item View Item