Pemanfaatan Berbagai Jenis Sumber Pewarna Alami Sebagai Indikator Kemasan Pintar untuk Mendeteksi Kerusakan Fillet Daging Ayam Selama Penyimpanan

Afifah, Rahmi (2017) Pemanfaatan Berbagai Jenis Sumber Pewarna Alami Sebagai Indikator Kemasan Pintar untuk Mendeteksi Kerusakan Fillet Daging Ayam Selama Penyimpanan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
5. Fulltext skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan berbagai jenis sumber pewarna alami sebagai indikator kemasan pintar untuk mendeteksi kerusakan fillet daging ayam selama penyimpanan, mengetahui efektivitas penggunaan zat warna alami sebagai indikator kemasan pintar, dan mengetahui perubahan warna film indikator. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksploratif dengan 6 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah pembuatan film indikator dengan penambahan ekstrak kelopak bunga rosella, ekstrak kulit buah manggis dan ekstrak buah senduduk pada dua kondisi penyimpanan yaitu penyimpanan suhu ruang dan suhu freezer. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan yang paling efektif terhadap perubahan warna film indikator adalah pewarna alami dari ekstrak buah senduduk pada penyimpanan suhu ruang dengan nilai perubahan warna dari nilai 0hue 351,29 (merah-ungu) menjadi nilai 0hue 41,53 (merah), nilai pH (4,50-7,17), total antosianin (7,84-1,34 mg/L), dan ketebalan film yang digunakan berkisar antara 0,11-0,23 mm. Kata kunci- film indikator, pewarna alami, kemasan pintar, fillet daging ayam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ISMED, S.Pt, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 20 Sep 2017 12:15
Last Modified: 20 Sep 2017 12:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/29439

Actions (login required)

View Item View Item