ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA MALAYSIA PROGAM STUDI PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

GUNASEELAAN, A/L LETCHUMANAN (2017) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA MALAYSIA PROGAM STUDI PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
abstract word.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 word.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
Bab 6 word.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka word.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
full text word.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Prestasi akademik mahasiswa dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Pada program sudi profesi dokter fakultas kedokteran Universitas Andalas terdapat 72 orang mahasiswa. Sebagian besar menunjukkan prestasi akademik yang kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor faktor yang berhubungan dengan prestasi akademik mahasiswa Malaysia program studi profesi dokter fakultas kedokteran Universitas Andalas menurut persepsi mahasiswa dan dosen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi adalah mahasiswa Malaysia FK UNAND program studi Profesi Dokter dan dosen FK UNAND. Informan berjumlah 8 mahasiswa dan 8 dosen diambil menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan semua informan mahasiswa memiliki kesehatan yang baik secara fisik, sebagian besar mahasiswa kurang perhatian dan motivasi, seorang informan tidak berminat dalam bidang kedokteran, dukungan keluarga cukup baik untuk semua mahasiswa, sebagian kecil berpendapat tugas rumah dan cara dosen memberi kuliah pengantar kurang menarik, sebagian kecil menyatakan kurang efektif sistem PBL. Seterusnya semua mahasiswa berpendapat kurang dukungan dari tenaga kependidikan dan sebagian besar mengalami kesulitan menguasai bahasa Indonesia. Menurut persepsi dosen, sebagian besar mahasiswa Malaysia kurang motivasi dan mengalami kesulitan menguasai bahasa Indonesia. Sebagian kecil dosen berpendapat mahasiswa Malaysia sulit menyesuaikan diri dengan sistem PBL dan mahasiswa Malaysia kurang berteman dengan mahasiswa Indonesia. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa faktor internal utama yang berhubungan dengan prestasi akademik mahasiswa adalah perhatian dan motivasi, menurut mahasiswa sementara menurut dosen ialah motivasi. Faktor eksternal utama yang berhubungan dengan prestasi akademik mahasiswa ialah kurangnya dukungan dari tenaga kependidikan dan penguasaan bahasa Indonesia. Pendapat yang sama disampaikan juga oleh dosen, bahwa penguasaan bahasa Indonesia pada mahasiswa Malaysia masih kurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR.dr. Yuniar Lestari, M.Kes
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 28 Jul 2017 17:08
Last Modified: 28 Jul 2017 17:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28746

Actions (login required)

View Item View Item