Susri, Wahyuni (2017) Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover & Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 6)
BAB 6.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (39kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pelayanan kesehatan. Berdasarkan survey awal yang dilakukan, 60% pasien menyatakan tidak puas dengan pelayanan keperawatan yang diberikan perawat kepada pasien di ruang rawat inap RSUP Dr. M. Djamil Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017. Metode Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan dari bulan November sampai Juli 2017. Populasi penelitian adalah pasien yang telah dirawat ≥ 3 hari dengan jumlah sampel sebanyak 76 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random block sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji statistik Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95% dengan p value < 0,05 Hasil Hasil penelitian menunjukkan dimensi kehandalan (67,1%), empati (51,3%), bukti fisik (57,9%) berada dalam kategori baik sedangkan dimensi daya tanggap (55,3%) dan jaminan (64,5%) dalam kategori tidak baik. Hasil uji statistik didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan p value 0,0001 dan POR=8,9. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUP Dr. M. Djamil Padang. Disarankan kepada pihak RSUP Dr. M. Djamil Padang untuk mempertahankan mutu pelayanan dalam memberikan pelayanan keperawatan. Daftar Pustaka : 49 (1996-2016) Kata Kunci : Kepuasan pasien, Mutu pelayanan, RSUP Dr. M. Djamil Padang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Isniati, SKM, MPH |
Subjects: | R Medicine > RZ Other systems of medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | s1 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 15:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2017 15:16 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28627 |
Actions (login required)
View Item |