PENGARUH ELEMEN VISUAL KEMASAN DAN ELEMEN VERBAL KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MAKANAN KHAS MINANGKABAU DI RENDANG MAK YUS KOTA PAYAKUMBUH

Refika, Putri (2017) PENGARUH ELEMEN VISUAL KEMASAN DAN ELEMEN VERBAL KEMASAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK MAKANAN KHAS MINANGKABAU DI RENDANG MAK YUS KOTA PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diketahui bahwa UMKM di Sumatera Barat yang bergerak di industri pangan merupakan usaha terbanyak, yaitu 58,89% (rendang, keripik balado, kipang, abon ikan, gelamai). Sayangnya, industri makanan berskala kecil menengah masih lemah dalam manajerial produksi dan pemasaran. Salah satu permasalahan produk makanan UMKM sulit dipasarkan adalah kurang menariknya kemasan produk. Salah satu UMKM di Payakumbuh adalah Rendang Mak Yus, produk Rendang Mak Yus dikemas dalam bentuk kemasan dengan desain yang menarik, praktis dan eksklusif. Kemasan merupakan wadah untuk produk, meliputi elemen visual (grafis, warna, bentuk, ukuran dan bahan) dan elemen verbal kemasan (informasi dan nama merek pada kemasan). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh elemen visual kemasan dan elemen verbal kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode penelitiannya survey explanatory dan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian produk rendang Mak Yus kota Payakumbuh. Ukuran sampel adalah 155 responden dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data primer didapatkan dengan metode kuesioner. Analisis data dengan statistik deskriptif dan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grafis, ukuran dan bahan kemasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sedangkan, warna, bentuk, informasi dan merek pada kemasan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Keyword: Elemen visual kemasan, elemen verbal kemasan, keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. RATNI PRIMA LITA, S.E., M.M
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S1 Manajemen Fakultas Ekonomi
Date Deposited: 29 Jul 2017 15:37
Last Modified: 29 Jul 2017 15:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28600

Actions (login required)

View Item View Item