MANAJEMEN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN(Studi Pada Sekolah Adiwiyata SMPN 11 Padang)

Djonedi, Deyusa Putara Ilham (2017) MANAJEMEN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN(Studi Pada Sekolah Adiwiyata SMPN 11 Padang). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK ok.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
bab I.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka dj.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (full tesis)
Tesis utuh Djonedi Deyusa PI (Ikom S2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN (Studi Pada Sekolah Adiwiyata SMPN 11 Padang) Oleh: DJONEDI DEYUSA PUTRA ILHAM BP. 1520862021 Pembimbing Dr. Ernita Arif, M.Si Dr. Mulyanti Syas, M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal pimpinan dalam organisasi disekolah kepada warga sekolah dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan lingkungan hidup. Disamping itu juga mendeskripsikan bagaimana manajemen komunikasi oleh pimpinan organisasi disekolah dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan lingkungan hidup di SMPN 11 Padang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan perspektif pendekatan perilaku manusia dalam manajemen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa jenis pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan triangulasi. Pada Pengambilan informan dalam penelitian ini secara Purposive Sampling, dimana pengambilan sampel berdasarkan pada tujuan tertentu informan dipilih berdasarkan pertimbangan atau kriteria dari penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwah komunikasi interpersonal di SMPN 11 Padang terjadi secara vertikal, horizontal dan diagonal. Adapun komunikasi vertikal yaitu: Kepala Sekolah SMPN 11 Padang sebagai sumber informasi di sekolah sangat dibutuhkan oleh guru-guru, agar informasi yang disampaikan dapat terlaksana bagi pengembangan guru itu sendiri dan juga bagi siswa-siswi. Sedangkan komunikasi horizontal berupa Di SMPN 11 semua memo dan himbaun dan semua pengumunan dari kepala sekolah selalu di pajangkangkan pada papan informasi dan arsipkan oleh tenaga kearsipan sebagai bukti dari sebuah manajemen di sekolah. Sedangakan manajemen komunikasi organisasi di SMPN 11 Padang yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Pengawasan yang di lakukan oleh top manajemen yaitu kepala sekolah di lakukan secara baik sehinga terlaksananya kebijakan pendidikan lingkungan hidup dan terbentuknya karakter peserta didik yang berwawansan lingkungan. Kata Kunci : Komunikasi, Manajemen, Adiwiyata, Lingkungan Hidup

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 28 Jul 2017 11:00
Last Modified: 28 Jul 2017 11:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/28392

Actions (login required)

View Item View Item