Analisis Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kabupaten Lima Puluh Kota

Desy, Efendi (2017) Analisis Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kabupaten Lima Puluh Kota. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI .pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dengan adanya otonomi, daerah dituntut untuk dapat menggali sumber dana sendiri karena peran pemerintah pusat akan semakin dikurangi. Pemerintah Daerah harus berusaha untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah adalah retribusi. Retribusi pelayanan pasar merupakan salah satu jenis retribusi yang dipungut di Kabupaten Lima Puluh Kota. Terdapat sembilan pasar yang dipungut retribusinya. Dalam kenyataannya penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar masih kecil jika dibandingkan potensi yang ada, tidak adanya target penerimaan retribusi untuk masing-masing pasar menyebabkan penerimaan retribusi pelayanan pasar kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas dan efisiensi pengelolaan retribusi pelayanan pasar, untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan retribusi pelayanan pasar serta merumuskan kebijakan untuk meningkatkan penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kabupaten Lima puluh Kota. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan retribusi pasar digunakan analisa korelasi parsial non parametrik. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dari sembilan pasar yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota sebagian besar pengelolaan nya belum efektif dimana prosentase realisasi penerimaan retribusi pelayanan pasar <65% jika dibandingkan dengan potensi dari masing-masing pasar. Sedangkan Tingkat efisiensi pada pasar – pasar yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota tergolong pada kategori sangat efisien. Dari hasil Analisis Korelasi Parsial antara Faktor Luas Pasar, Jumlah Kios, Jumlah Los dan Jumlah pedagang dengan Penerimaan Retribusi Pelayanan pasar didapatkan pengaruh yang tidak signifikan. Pengelolaan Pasar yang belum baik dan belum ditetapkannya target Penerimaan retribusi untuk masing-masing pasar mengakibatkan penerimaan retribusi pelayanan pasar belum optimal. Kata Kunci : Retribusi pelayanan pasar, Efektifitas Pasar,Efisensi Pasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Hefrizal Handra,M.Soc.Sc
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 perencanaan pembangunan
Date Deposited: 26 Jul 2017 11:42
Last Modified: 26 Jul 2017 11:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27544

Actions (login required)

View Item View Item