ANALISIS PERILAKU SEISMIK PADA STRUKTUR KOLOM KOMPOSIT EWECS (ENGINEERING WOOD ENCASED CONCRETE-STEEL) DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

Zev, Al Jauhari (2017) ANALISIS PERILAKU SEISMIK PADA STRUKTUR KOLOM KOMPOSIT EWECS (ENGINEERING WOOD ENCASED CONCRETE-STEEL) DENGAN METODE ELEMEN HINGGA. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
(1) cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab pendahuluan)
(2) bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Kesimpulan dan Saran)
(3) bab terakhir.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
(4) daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
(5) tesis full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Sebuah sistem strukturkolom hybrid baru, yang disebut kolom komposit EWECS(Engineering Wood Encased Concrete-Steel),telah dikembangkan untuk zona seismikrendah dan tinggi. Studi eksperimental pada perilaku seismik kolom komposit EWECS telah dilakukan oleh Fauzan et. al, 2005. Untuk melengkapi dan memvalidasi hasil studi eksperimental, analisis elemen hingga (FEA) pada kolom EWECSdi bawah beban aksial dan beban lateral siklik dilakukanuntuk mengetahui kinerja struktural kolom EWECS dan dibandingkan dengan hasil eksperimental.Analisis numerik ini menggunakan programberbasis elemen hingga, ANSYS APDL v.14, untuk mengetahui perilaku seismik struktur (karakteristik histerisis, deformasi aksial, distribusi tegangan utama, dan mode kegagalan) kolom. Penelitian ini terdiri dari tiga studi kasus. Kasus pertama adalah memvalidasi model FE kolom komposit yang menggunakan Baja Double H-Section. Kasus ini terdiri dari dua model kolom, yaitu kolom komposit CES Core tanpa selimut beton dan EWECS Double-H.Kasus kedua adalah memvalidasi model FE kolom komposit yang menggunakan Baja Single H-Section. Pada kasus ini dibuat tiga model kolom EWECS Single-H dengan variasi shear span ratio 1 sampai 2. Kasus ketiga adalah analisis numerik studi parametrik pada kolom EWECS. Pada kasus ini dibuat delapan model FE, dengan rincian: empat model studi parametrik tebal kayu paneldan empat model studi parametrik kuat tekan beton. Hasil FEA menunjukkan bahwa kolom EWECS memiliki kinerja yang sangat baik tanpa kerusakan parah, bahkan pada story drift akhir, R 5%. Kayu panel berkontribusi terhadap kapasitas kolom hingga R 5%, meskipun retak pada kayu muncul setelah R 3%. Shear span ratio berpengaruh terhadap kapasitas maksimum dan mode kegagalan kolom EWECS. Kekuatan maksimum kolom meningkat seiring dengan penurunan shear span ratio. Kerusakan yang berartiterjadi pada kolom denganshear span ratio yang kecil. Secara umum, distribusi tegangan pada model FE dapat mewakili mode kegagalan spesimen kolom dengan baik. Berdasarkan analisis studi parametrik, semakin besar tebal kayu maka semakin meningkat kinerja seismik kolom, namun besarnya disipasi energi cenderung tetap. Semakin tinggi mutu beton maka semakin meningkat kinerja seismik kolom, namun gaya geser maksimum hanya mengalami sedikit kenaikan. Kata Kunci: Kolom Komposit,Enginering Wood Encased Concrete-Steel, Analisis Elemen Hingga, ANSYS, dan Kinerja Seismik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: FAUZAN, Dr. Eng
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik sipil
Date Deposited: 25 Jul 2017 11:13
Last Modified: 25 Jul 2017 11:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27141

Actions (login required)

View Item View Item