A., Radhya Dionanda (2017) Analisis Pengetahuan Persepsi dan Tindakan Terhadap Iklan Obat oleh Masyarakat Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version Download (240kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (Penutup dan Kesimpulan)
BAB AKHIR (PENUTUP-KESIMPULAN).pdf - Published Version Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (397kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
FULL-TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Perilaku pencarian pengobatan adalah pola atau perilaku pencarian pelayanan kesehatan di masyarakat, seperti upaya masyarakat untuk mengobati dirinya sendiri dikenal dengan istilah swamedikasi. Media yang digunakan sebagai alat komunikasi adalah televisi, radio, majalah tentang kesehatan, koran, internet, pamflet/leaflet, serta teman dan keluarga yang dikenal. Regulasi tentang produk iklan obat itu melalui peraturan dan undang-undang seperti peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1787/MENKES/PER/XII/2010 tentang iklan dan publikasi pelayanan kesehatan dan keputusan kepala badan pengawas obat dan makanan NOMOR.HK.00.05.3.02706 Tahun 2002 tentang promosi obat. Metode yang digunakan yaitu survei eksplanatif, jenis survei ini digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua atau lebih variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara, karakteristik responden, pengetahuan, persepsi dan tindakan terhadap iklan obat oleh masyarakat Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Pemilihan sampel dengan metode simple random sampling didapatkan 480 sampel yang sesuai dengan kriteria. Penelitian dilaksanakan bulan april-juni 2017. Analisis data menggunakan uji Chi-Square test (α=0,05) untuk analisis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan pengetahuan masyarakat Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang dikategorikan sedang (37,7%), persepsi masyarakat atas iklan obat cenderung menunjukkan persepsi negatif (68,1%) daripada persepsi positif (31,9%) dan persepsi masyarakat atas informasi iklan obat cenderung menunjukkan persepsi positif (66,0%) daripada persepsi negatif (34,0%), tindakan iklan obat pada konsumen menunjukkan tindakan negatif, dimana persentase tindakan negatif (53,3%) lebih banyak dibandingkan tindakan positif (46,7%) dan tindakan iklan obat pada pemilihan obat menunjukkan tindakan positif, dimana persentase tindakan positif (51,5%) lebih banyak dibandingkan tindakan negatif (38,5%). Pada uji perbandingan pada pengetahuan, persepsi dan tindakan pada masyarakat Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang hanya pada persepsi masyarakat atas iklan obat dengan tingkat pengetahuan perbedaan yang bermakna 0,003 atau P<0,05 pada masyarakat. Kesimpulan yang diperoleh tingkat pengetahuan masyarakat Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang sedang, persepsi iklan obat atas iklan obat negatif, persepsi iklan obat atas informasi iklan obat positif, tindakan iklan obat pada konsumen negatif dan tindakan iklan obat pada pemilihan obat positif. Kata kunci: swamedikasi, pengetahuan, persepsi, tindakan, masyarakat Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, simple random sampling.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Syofyan, S.Si, M.Farm, Apt |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi |
Depositing User: | s1 Fakultas Farmasi |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 12:37 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 12:37 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27012 |
Actions (login required)
View Item |