Analisis Motivasi dan Persepsi Aparatur Tentang Jabatan Bendahara Pengeluaran Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Sijunjung

Julhardianto, Julhardianto (2017) Analisis Motivasi dan Persepsi Aparatur Tentang Jabatan Bendahara Pengeluaran Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Sijunjung. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstract)
1. Abstrak.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB V.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis)
5. FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan persepsi aparatur tentang jabatan bendahara pengeluaran Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Sijunjung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan analisa motivasi dan persepsi aparatur. Aparatur yang dianalisis motivasinya adalah bendahara dan mantan bendahara. Sedangkan aparatur yang dianalisis persepsinya adalah pembantu bendahara dan pejabat struktural yang terkait. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara, kuesioner dan hasil observasi lapangan.Sedangkan data sekunder diperoleh dari pengumpulan dokumen.Hasil penelitian menunjukkan ada tiga faktor utama yang memotivasi aparatur menjadi bendahara. Pertamafaktor keinginan untuk berprestasi,faktor ini memotivasi 90% bendahara dan 92% mantan bendahara, kedua faktor lingkungan pekerjaan,faktor ini memotivasi 80% bendahara dan 54% mantan bendahara sedangkan yangketiga faktor kemampuan diri, faktor ini memotivasi 70% bendahara dan 69% mantan bendahara. Sedangkan dari hasil analisis persepsi diketahui bahwa pembantu bendahara mempersepsikan jabatan bendahara merupakan jabatan yang memiliki beban kerja yang berat, risiko besar, honor tidak layak dan lingkungan pekerjaan yang tidak kondusif.Menurut pejabat struktural kondisi ini terjadikarena bendahara tidak bekerja sesuai tupoksi dan belum efektifnya Sistem Pengendalian Intern (SPI) di Kabupaten Sijunjung. Kata kunci: prestasi, lingkungan, pekerjaan, kemampuan dan risiko.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Suhairi, SE, M.Si, Ak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 24 Jul 2017 17:41
Last Modified: 24 Jul 2017 17:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26991

Actions (login required)

View Item View Item