PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP HEALTH BELIEF MODEL PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS PADA SISWI MAN 1 PADANG TAHUN 2016

Rifdah, Hayati Putri (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP HEALTH BELIEF MODEL PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS PADA SISWI MAN 1 PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit osteoporosis akan menjadi masalah musculoskeletal yang memerlukan perhatian khusus terutama di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Peak Bone Mass pada masa remaja akan menentukan peak bone mass pada saat dewasa nanti. Sehingga dibutuhkan pencegahan osteoporosis dimulai dari saat remaja. Seseorang melakukan tindakan pencegahan osteoporosis dipengaruhi oleh keyakinan kesehatan yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan tingkat pengetahuan health belief model dengan menggunakan OHBS ( Osteoporosis Health Belief Scale). Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pretest posttest without control. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 20 orang. Analisa data menggunakan Wilcoxon test. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap persepsi kerentanan dengan nilai p : 0.000, persepsi keparahan dengan nilai p : 0.000, persepsi rintangan latihan p : 0.001, persepsi rintangan asupan kalsium p : 0.001 dan isyarat dan tanda p : 0.000. Namun pendidikan kesehatan tidak memberikan pengaruh terhadap persepsi manfaat latihan p : 0.095 dan persepsi manfaat asupan kalsium p : 0.218. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kesehatan memberikan pengaruh terhadap persepsi kerentanan, persepsi keparahan, persepsi rintangan latihan, persepsi rintangan asupan kalsium dan isyarat dan tanda. Namun pendidikan kesehatan tidak memberikan pengaruh terhadap persepsi manfaat latihan dan manfaat asupan kalsium. Peneliti menyarankan siswa meningkatkan pengetahuan tentang osteoporosis untuk meningkatkan health belief model siswa. Kata Kunci : Osteoporosis, Health Belief Model, Pendidikan Kesehatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 26 Jul 2017 17:11
Last Modified: 26 Jul 2017 17:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26861

Actions (login required)

View Item View Item