HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI PAUD SERUNI DAN LAUT BIRU KELURAHAN AIR TAWAR KOTA PADANG TAHUN 2017

RAHMATUL, FAJRAH (2017) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 3-6 TAHUN DI PAUD SERUNI DAN LAUT BIRU KELURAHAN AIR TAWAR KOTA PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover and abstrak)
cover and abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB Akhir (penutup kesimpulan).pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan indikator seluruh perkembangan anak. Keterlambatan bicara pada anak adalah salah satu kelainan yang sering dialami anak-anak 5-8% terjadi pada anak usia 3-6 tahun. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak prasekolah adalah pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak umur 3-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Sampel adalah anak usia yang berusia 3-6 tahun diambil dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 34 orang anak. Penelitian ini dilakukan dari bulan Mei sampai bulan Juli 2017 alat pengumpulan data adalah kuesioner yang diisi oleh orang tua dan lembar DDST II untuk menentukan perkembangan bahasa anak. Analisis data dengan uji chi-square. Hasil penelitian diperoleh persentase orang tua dengan pola asuh demokrasi dengan perkembangan bahasa normal sekitar 78.6%. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa hubungan yang bermakna antara pola asuh dengan perkembangan bahasa p=0.048. Diharapkan melakukan pemantauan deteksi dini bicara pada anak serta melakukan intervensi yang dapat meningkatkan kualitas pengasuhan yang dilakukan orang tua Kata Kunci : pola asuh, perkembangan bahasa, orang tua Kepustakaan : 38 (2001-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Hermalinda,S.Kep,M.Kep,Sp.Kep.An
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 26 Jul 2017 17:48
Last Modified: 26 Jul 2017 17:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26854

Actions (login required)

View Item View Item