Studi Eksperimental Perbandingan Perilaku Lentur Pelat Strip Komposit Beton - Baja Ringan Dengan Dan Tanpa Penambahan Tulangan Tekan D13 Yang Dibebani Secara Berulang

Rizqullah, Vinori (2017) Studi Eksperimental Perbandingan Perilaku Lentur Pelat Strip Komposit Beton - Baja Ringan Dengan Dan Tanpa Penambahan Tulangan Tekan D13 Yang Dibebani Secara Berulang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 penutup.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
tugas akhir ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat sekarang ini juga memberikan dampak kepada dunia konstruksi. Sebelumnya kita telah mengenal kontruksi kayu, konstruksi beton, konstruksi baja dan belakangan ini kita mengenal konstruksi baja ringan. Salah satu penggunaan baja ringan pada konstruksi bangunan adalah pada konstruksi rangka atap selain itu juga muncul inovasi untuk membuat struktur komposit dengan manggunakan baja ringan. Dalam Penelitian ini akan dibahas tentang perbandingan perilaku lentur pelat strip komposit beton-baja ringan dengan dan tanpa tulangan tekan Ø13 yang dibebani secara berulang.Penelitian ini menggunakan baja ringan kanal C75.75 yang diletakkan pada daerah tarik spesimen. Ada total 6 spesimen yang akan diuji yang memiliki 3 variasi ketinggian yaitu 80 mm, 100 mm, dan 120 mm dan 3 spesimen ditambahkan dengan tulangan tekan Ø13. Pengujian dilakukan dengan alat Beam Test. Setelah didapatkan hasil dari pengujian keenam spesimen kemudian dilakukan perbandingan antara spesimen tanpa dan dengan penambahan tulangan tekan. Spesimen yang dibandingkan disini adalah spesimen dengan ketebalan yang sama. Penambahan tulangan tekan D13 pada struktur strip plat komposit beton - baja ringan memberikan pengaruh terhadap beban ultimit yang dapat dipikul dengan penambahan sebesar 13,75% pada spesimen dengan tebal 80 mm sedangkan untuk tebal 100 mm dan 120 mm mengalami penurunan sebesar 12,02% dan 16,16%. Respon beban – perpindahan pada spesimen tanpa dan dengan penambahan tulangan tekan menunjukan pola pembebanan berulang yang hampir sama yaitu relatif stabil, kecuali pada spesimen dengan tebal 100 mm, dimana spesimen tanpa penambahan tulangan tekan menunjukan pola yang lebih stabil dibandingkan dengan yang menggunakan tulangan tekan. Kata Kunci : konstruksi baja ringan, pelat strip komposit beton – baja ringan, perilaku lentur, penambahan tulangan tekan, pembebanan berulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: SABRIL HARIS HG. Ph.D
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 24 Jul 2017 12:41
Last Modified: 24 Jul 2017 12:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26721

Actions (login required)

View Item View Item