Hubungan Tahap Kemoterapi dengan Status Gizi pada Penderita Leukemia LImfoblastik Akut di IRNA Kebidanan dan Anak RSUP Dr. M.Djamil Padang Tahun 2017

Arselina, Riski Herdika (2017) Hubungan Tahap Kemoterapi dengan Status Gizi pada Penderita Leukemia LImfoblastik Akut di IRNA Kebidanan dan Anak RSUP Dr. M.Djamil Padang Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
DOC 1(5).pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
doc 3.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
DOC 2.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
doc 4.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi all of me(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, Juli 2017 Nama : Arselina Riski Herdika No Bp: 1311311039 Hubungan Tahap Kemoterapi Dengan Status Gizi Pada Penderita Leukemia Limfoblastik Akut Di IRNA Kebidanan Dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017 ABSTRAK Leukemia Limfoblastik Akut merupakan salah satu jenis leukemia, dimana sel-sel yang dalam keadaan normal berkembang menjadi limfosit berubah menjadi ganas dan akan menggantikan sel-sel normal di dalam sumsum tulang. Tahapan kemoterapi merupakan pengobatan yang harus dijalani oleh anak penderita LLA dan memiliki efek samping yang salah satunya adalah gangguan gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tahap kemoterapi dengan status gizi pada penderita Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) di ruangan IRNA Kebidanan dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Sampel adalah penderita LLA yang menjalani kemoterapi sebanyak 30 orang dan diambil dengan teknik accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dari bulan Februari sampai Juli 2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner data demografi anak dan lembar observasi melihat berat badan, tinggi badan dan tahapan kemoterapi pada anak. Analisis statistik menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan lebih dari sebagian anak dengan tahapan kemoterapi maintenance/rumatan yaitu sebanyak (56,7%), hampir sebagian anak dengan status gizi normal sebanyak (40%). Hasil uji statistik (p value=0,82 > 0,05). Berarti tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tahap kemoterapi dengan status gizi pada penderita Leukemia Limfoblastik Akut (LLA) di ruangan IRNA Kebidanan dan Anak RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2017. Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk dapat memberikan edukasi kepada orang tua dalam menjaga status gizi anak, melakukan pemantauan terhadap status gizi anak selama menjalani kemoterapi dan mempertahankan status gizi tersebut serta melakukan berbagai intervensi termasuk penanganan efek samping. Kata Kunci :LLA,tahap kemoterapi, status gizi Daftar Pustaka : 43 (2000-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. DWI NOVRIANDA, S.Kep., M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Jul 2017 15:47
Last Modified: 25 Jul 2017 15:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26716

Actions (login required)

View Item View Item