ANALISIS PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING DAN FAKTOR - FAKTOR DETERMINANNYA PADA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD JAMBAK KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2017

RHADIATUL, AULIA SARI JUNAIDI (2017) ANALISIS PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING DAN FAKTOR - FAKTOR DETERMINANNYA PADA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD JAMBAK KABUPATEN PASAMAN BARAT TAHUN 2017. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img] Text (FULL)
SKRIPSI FULL cover luar (20 files merged) (1) (2 files merged).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JULI, 2017 Nama : Rhadiatul Aulia Sari Junaidi No.BP : 1311311049 Analisis Pelaksanaan Discharge Planning dan faktor Determinannya PadaPerawat diRuang Rawat Inap RSUD Jambak Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2017 ABSTRAK Pelaksanaan discharge planning di rumah sakit belum optimal dilaksanakan. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya karakteristik perawat, sikap, motivasi, peran dan dukungan, komunikasi dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor pelaksanaan discharge planning dengan pelaksanaan discharge planning di ruang rawat inap RSUD Jambak Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2017.. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian Analitik dengan menggunakan data kuantitatif berdasarkan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 93 orang dengan teknik penentuan sampel yaitu proposional random sampling.Pengumpulan data dengan kuesioner, analisis data univariat dengan distribusi frekuensi, analisis bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan regresi logistic. Hasil penelitian univariat 59,1% perawat kurang baik dalam pelaksanaan discharge planning. Hasil penelitian bivariat tidak ada hubungan bermakna antara karakteristik perawat usia, jenis kelamin, status perkawinan, dan lama kerja dengan pelaksanaan discharge planning, p value> 0,05. Ada hubungan bermakna antara karakteristik dari segi pendidikan dengan pelaksanaan discharge planning, p value< 0,05. Ada hubungan bermakna antara motivasi dan komunikasi dengan pelaksanaan discharge planning, p value< 0,05. Pendidikan perawat mempunyai pengaruh paling tinggi untuk pelaksanaan discharge planning dengan nilai Exp. (B) 21,243. Diharapkan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan motivasi perawat melalui peningkatan pendidikan dan pelatihan. Kata Kunci : Discharge Planning, Faktor Determinan, Pelaksanaan, Perawat DaftarBacaan : 68 ( 2002 – 2016 )

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 24 Jul 2017 15:56
Last Modified: 24 Jul 2017 15:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26661

Actions (login required)

View Item View Item