Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan dan Faktor-faktor determinannya di ruang rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2017

Riska, Yusnita Sari (2017) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan dan Faktor-faktor determinannya di ruang rawat Inap RSUD dr. Rasidin Padang Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULL)
FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Indonesia belum mencapai Standar Pelayanan Minimal. Perawat dituntut untuk memberikan pelayanan keperawatan yang bermutu agar dapat meningkatkan kepuasan pasien. RSUD dr. Rasidin merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan bagi masyarakat di wilayah kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien dan faktor-faktor determinannya di ruang rawat inap RSUD dr. Rasidin Padang. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian Analitik dengan menggunakan data kuantitatif berdasarkan pendekatan Cross Sectional study. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 73 orang dengan teknik penentuan sampel yaitu purpossive sampling. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan april-juli 2017. Pengumpulan data dengan kuesioner, analisis data univariat dengan distribusi frekuensi, analisis bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariate dengan regresi logistik. Hasil penelitian univariat 64,4%pasien mengatakan puas terhadap pelayanan keperawatan. Hasil penelitian bivariat ada hubungan bermakna antara karakteristik pasien dari segi pekerjaan dengan kepuasan pasien, p value < 0,05. Ada hubungan bermakna antara bukti langsung, keandalan, jaminan dan kepedulian dengan kepuasan pasien, p value < 0,05. Keandalan perawat mempunyai pengaruh paling tinggi untuk kepuasan pasien dengan nilai Exp. (B) 0,349. Disarankan kepada perawat untuk lebih meningkatkan keandalan dalam memenuhi kepuasan pasien dengan memberikan pelayanan dengan tepat dan profesional. Kata Kunci :, Faktor, Karakteristik, Kepuasan Pasien Daftar bacaan : 43 (2002-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yulastri Arif, M. Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 24 Jul 2017 15:58
Last Modified: 24 Jul 2017 15:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26660

Actions (login required)

View Item View Item