FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN PENDERITA KANKER SERVIKS DALAM MENGIKUTI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT KOTA PADANG TAHUN 2017

Dwi, Kurnia Piardani (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECEMASAN PENDERITA KANKER SERVIKS DALAM MENGIKUTI KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT KOTA PADANG TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER+ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
15. BAB VII.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Kemoterapi memberikan efek samping pada fisik dan psikologis pada klien, salah satunya adalah kecemasan. Kecemasan yang dialami penderita kanker serviks yang mengikuti kemoterapi bisa menyebabkan klien mengundur jadwal kemoterapinya atau bahkan menghentikan pengobatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan penderita kanker servik dalam mengikuti kemoterapi di Rumah Sakit Kota Padang tahun 2017. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional study. Sampel penelitian ini adalah penderita kanker serviks yang mengikuti kemoterapi di RSUP M. Djamil dan RSI Ibnu Sina Padang sebanyak 31 orang dengan sampel insidental sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 9 – 30 Juni 2017. Uji yang digunakan adalah Chi-Square dengan tingkat kemaknaan 0,05 dan uji regresi dengan tingkat kemaknaan 0,25. Hasil penelitian didapatkan bahwa 58,1% responden mengalami kecemasan sedang. Selain itu dalam penelitian juga didapatkan ada hubungan signifikan antara maturitas, dukungan keluarga, dukungan sosial dengan kecemasan penderita kanker servik dalam mengikuti kemoterapi. Faktor dominan yang mempengaruhi kecemasan penderita kanker servik dalam mengikuti kemoterapi adalah maturitas. Diharapkan kepada perawat untuk memberikan asuhan keperawatan untuk mengatasi dan menurunkan kecemasan klien dengan cara memberikan pengetahuan tentang kemoterapi den efeknya serta memberikan dukungan infromatif dan dukungan emosional. Kata Kunci : Kecemasan, Kanker Serviks, Kemoterapi, Maturitas, Dukungan Keluarga, Dukungan Sosial. Daftar Pustaka : 46 (1995-2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. DEWI EKA PUTRI, M.Kep, Sp.Kep.J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Jul 2017 16:36
Last Modified: 25 Jul 2017 16:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26644

Actions (login required)

View Item View Item