HUBUNGAN KUALITAS HIDUP, DEPRESI, DAN BEBAN KELUARGA SEBAGAI CAREGIVER DENGAN SERANGAN PADA PASIEN STROKE DI RSSN BUKITTINGGI 2017

DIANA, DEYVA (2017) HUBUNGAN KUALITAS HIDUP, DEPRESI, DAN BEBAN KELUARGA SEBAGAI CAREGIVER DENGAN SERANGAN PADA PASIEN STROKE DI RSSN BUKITTINGGI 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAPUS)
dapus.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
cover (13 files merged).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Hubungan Kualitas Hidup, Depresi, Dan Beban Keluarga Sebagai Caregiver Dengan Serangan Pada Pasien Di Poliklinik RSSN Bukittinggi Tahun 2017 ABSTRAK Stroke masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang utama dan merupakan penyebab kematian urutan ke-3 di negara-negara maju setelah penyakit kardiovaskuler dan kanker. Sumatera Barat sebagai salah satu provinsi di Indonesia, menempati urutan ke 10 prevalensi stroke tertinggi di Indonesia. Sebagian besar pasien stroke akan kembali ke rumah dan membutuhkan bantuan dari caregiver dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan kualitas hidup, depresi dan beban keluarga sebagai caregiver dengan serangan pada pasien stroke di Polikinik RSSN Bukittinggi tahun 2017. Jenis penelitian ini analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 86 orang. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 12 sampai 22 Juni 2017. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner WHOQOL BREF, (Caregiver Burden Scale), BDI (Beck Depression Invertory), dan NIHSS (The National Institute Of Health Stroke Scale). Analisa data menggunakan uji Chi-Square dengan nilai 0,016 pada bedan, 0,031 pada depresi, dan kualitas hidup 0,657, artinya terdapat hubungan antara beban dan depresi sedangkan pada kualitas hidup tidak memiliki hubungan. Disarankan kepada perawat atau tenaga kesehatan agar dapat memberikan discharge planning kepada caregiver sebelum pulang ke rumah mengenai pentingnya memperhatikan kondisi kesehatan. Kata Kunci : stroke, kualitas hidup, depresi caregiver, beban caregiver Daftar Pustaka : 25 (2006-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Reni Prima Gusty S.kp, M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:45
Last Modified: 24 Jul 2017 09:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26627

Actions (login required)

View Item View Item