PENGEMBANGAN MODEL BISNIS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (STUDY KASUS PADA BANK BUMN PT. XYZ UNIT BISNIS MENENGAH BATAM)

Brinanti, Sandwika Jalius (2017) PENGEMBANGAN MODEL BISNIS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (STUDY KASUS PADA BANK BUMN PT. XYZ UNIT BISNIS MENENGAH BATAM). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
3. BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
5. Tesis Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berupa pengembangkan model bisnis dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing (Case Study di Bank BUMN PT. XYZ Unit Bisnis Menengah Batam). Pengembangan bisnis model dilakukan untuk mengetahui kondisi bisnis unit saat ini, untuk kemudian dilakukan analisa strategi pencapaian target kedepannya sebagai upaya untuk bertahan dalam kompetisi perbankan yang ketat dan penuh tantangan serta meningkatkan market share unit. Studi yang dilakukan bersifat deskriptif eksploratif dengan teknik pengumpulan data participant observation dan in depth interview. Hasil observasi dan interview kemudian dikaitkan dengan sembilan elemen Business Model Canvas (Costumer Segment, Value Proposition, Channel, Costumer Relationship, Revenue Stream, Key Resourcess, Key Activiies, Key Partnership, dan Cost Structure) untuk kemudian dilakukan analisa SWOT dalam rangka menyusun faktor – faktor strategis Unit Bisnis Menengah Batam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan market share melalui ekspansi kredit sekaligus untuk mencapai target unit diperlukan kegiatan pemasaran yang prudent dan intensive dan fokus kepada pembiayaan sektor unggulan yang masih prospektif di Kepulauan Riau. Manajemen juga perlu memperhatikan sebaran pembiayaan agar tidak terkonsentrasi pada sektor tertentu. Disamping itu perlu dilakukan kegiatan monitoring pemakaian fasilitas kredit yang telah disalurkan maupun transaksi keuangan debitur sehingga jika terdapat potensi pembiayaan/ indikasi permasalahan tertentu dapat terdeteksi dari awal sehingga menurunkan resiko terjadinya penurunan kolektibilitas kredit.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: PROF. DR. NIKI LUKVIARMAN, SE, MBA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 24 Jul 2017 14:47
Last Modified: 24 Jul 2017 14:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26511

Actions (login required)

View Item View Item