HUBUNGAN SEDENTARY BEHAVIOR (PERILAKU KURANG GERAK) DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 30 KUBU DALAM PADANG 2017

STEVANI, ERNI (2017) HUBUNGAN SEDENTARY BEHAVIOR (PERILAKU KURANG GERAK) DENGAN KEJADIAN OBESITAS PADA ANAK USIA SEKOLAH DI SD NEGERI 30 KUBU DALAM PADANG 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB Akhir (penutup).pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI Lengkap)
SKRIPSI lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Juli, 2017 Nama : Stevani Erni No.BP : 1311311014 Hubungan Sedentary Behavior dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 30 Kubu Dalam Padang Tahun 2017 ABSTRAK Obesitas pada anak sampai kini masih merupakan masalah, satu dari sepuluh anak di dunia ini mengalami obesitas. Salah satu penyebab obesitas pada anak adalah karena meningkatnya sedentary behavior dan kurangnya aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sedentary behavior dengan kejadian obesitas pada anak usia sekolah di SD Negeri 30 Kubu Dalam Padang tahun 2017. Desain penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V yang berjumlah 110 orang siswa diambil dengan metode total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur tinggi badan, berat badan dan kuesioner Sedentary Behavior. Analisa data dilakukan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan bahwa dari 110 anak, 11,8% mengalami obesitas. Sebagian besar anak 54,5% diantaranya melakukan sedentary behavior rendah. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara sedentary behavior dengan kejadian obesitas pada anakdengan p-value 0.002 Diharapkan bagi sekolah untuk memfasilitasi anak melakukan aktivitas fisik serta menyediakan alat permainan/olahraga yang dapat digunakan anak dalam upaya pencegahan obesitas pada anak usia sekolah dan mengurangi sedentary behavior. Kata Kunci : Obesitas, Sedentary Behavior, anak usia sekolah Daftar Pustaka : 46 (2008-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. DESWITA,M.Kep.Sp.Kep.An
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Jul 2017 15:45
Last Modified: 25 Jul 2017 15:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26495

Actions (login required)

View Item View Item