PENGARUH PENDIDIKAN TERSTRUKTUR TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN INJEKSI INSULIN MANDIRI PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. RASIDIN PADANG

Suci, Nilam Sari (2017) PENGARUH PENDIDIKAN TERSTRUKTUR TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN INJEKSI INSULIN MANDIRI PASIEN DIABETES MELITUS DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUD DR. RASIDIN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img] Text (skripsi)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS JULI 2017 Nama : Suci Nilam Sari No.BP : 1311312004 Pengaruh Pendidikan Terstruktur Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Injeksi Insulin Mandiri Pasien Diabetes Melitus Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD dr. Rasidin Padang ABSTRAK Tindakan injeksi insulin mandiri yang dilakukan oleh pasien diabetes melitus dapat menyebabkan lipohipertropi dan hipoglikemia. Lipohipertropi dan hipoglikemia diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan dan keterampilan pasien dalam melakukan injeksi insulin mandiri, sehingga pasien harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik agar terhindar dari efek samping tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan terstruktur terhadap pengetahuan dan keterampilan injeksi insulin mandiri pada pasien diabetes melitus. Pengumpulan data dilakukan pada bulan mei-juni 2017 di RSUD dr. Rasidin Padang, menggunakan desain quasy experimental dengan pendekatan one group pretest postest dan jumlah sampel 20 orang berdasarkan kriteria inklusi yang telah ditetapkan. Kuisioner pengetahuan dan lembar observasi digunakan untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan injeksi insulin mandiri. Analisa data menggunakan Uji T berpasangan dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan (pretest = 14,55 menjadi posttest = 23,10) dan keterampilan (pretest = 7,55 menjadi posttest = 11,60) setelah diberikan pendidikan terstruktur. Berdasarkan hasil uji statistik terdapat pengaruh pendidikan terstruktur terhadap pengetahuan dan keterampilan injeksi insulin mandiri pasien diabetes melitus. Rekomendasi bagi perawat agar dapat menggunakan pendidikan terstruktur dalam memberikan informasi tentang injeksi insulin mandiri pada pasien diabetes melitus. Kata kunci : injeksi insulin mandiri, pendidikan terstruktur, pengetahuan, keterampilan, diabetes melitus Daftar pustaka : 40 (2003-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp, MN
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 20 Jul 2017 15:27
Last Modified: 20 Jul 2017 15:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26160

Actions (login required)

View Item View Item