PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN FASILITAS KREDIT PERBANKAN PT. BANK TABUNGAN NEGARA CABANG UTAMA JAMBI

M. ALVIN, ANDITHIRA (2017) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN FASILITAS KREDIT PERBANKAN PT. BANK TABUNGAN NEGARA CABANG UTAMA JAMBI. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK TESIS ALVIN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
2. BAB I TESIS ALVIN.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab iv)
3. BAB IV PENUTUP KESIMPULAN DAN SARAN TESIS ALVIN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. DAFTAR KEPUSTAKAAN TESIS ALVIN.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (tesis full text)
5. TESIS FULL ALVIN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pertambahan jumlah penduduk di Indonesia berdampak pada meningkatnya perkonomian, dengan meningkatnya perekonomian di Indonesia yang terjadi saat ini di pengaruhi oleh beberapa faktor, Untuk menunjang peningkatan perokonomian, maka diperlukanlah suatu lembaga keuangan yaitu bank yang bertujuan membantu dan mendukung perkembangan perkonomian di negara atau daerah tersebut. Dalam penjelasan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan terdapat pada pasal 1 ayat 2 yang menjelaskan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Dalam menjalankan tugasnya selain sebagai lembaga penyimpan dana masyarakat, bank mempunyai fungsi lain sebagai lembaga penyalur dana kepada masyarakat, bentuk penyaluran dana kepada masyarakat dengan berbentuk pemberian fasilitas kredit, di kota Jambi terdapat pemberian fasilitas kredit antara Bank Tabungan Negara Cabang Jambi dengan Pihak Nasabah, dalam pemberian fasilitas kredit tersebut sebagai nasabah atau konsumen dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, permasalahan yang akan dibahas dalam tesis ini adalah 1) Bagaimana bentuk dan syarat-syarat dalam penggunaan fasilitas kredit di PT. Bank Tabungan Negara Cabang Jambi?, 2) Bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen yang diberikan oleh PT. Bank Tabungan Negara Cabang Jambi dalam penggunaan fasilitas kredit?, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) PT. Bank Tabungan Negara cabang Jambi memberikan fasilitas kredit berdasarkan kebutuhan nasabah atau konsumen, dalam penulisan ini penulis menjelaskan tentang kredit KYG dan syarat-syarat yang harus dilengkapi oleh pemohon atau nasabah yang akan mengajukan kredit tersebut 2) PT. Bank Tabungan Negara tidak memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen atau nasabah pengguna fasilitas kredit yang dibuat, dikarenakan apabila terjadi permasalahan terhadap kredit yang telah diberikan maka pihak bank telah memastikan bahwa kesalahan yang timbul disebabkan oleh pihak pemohon atau nasabah itu sendiri Kata Kunci : Perjanjian, Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. DAHLIL MARJON, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 17 Jul 2017 13:26
Last Modified: 17 Jul 2017 13:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25680

Actions (login required)

View Item View Item