Hubungan antara Identitas Etnik Mahasiswa Fakultas Kedokteran dengan Persepsi Efektivitas Grup Tutorial

Kusuma, Kevin Rizki Agung (2017) Hubungan antara Identitas Etnik Mahasiswa Fakultas Kedokteran dengan Persepsi Efektivitas Grup Tutorial. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak2.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Skripsi_Kevin_Fakultas Kedokteran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Problem-based learning (PBL) merupakan sistem pembelajaran yang digunakan di fakultas kedokteran yang memiliki ciri khas grup tutorial dengan partisipasi dan interaksi mahasiswa didalamnya. Efektivitas grup tutorial ini salah satunya dipengaruhi oleh identitas etnik mahasiswanya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara identitas etnik mahasiswa fakultas kedokteran dengan persepsi efektivitas grup tutorial. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan potong lintang yang dilaksanakan pada Desember 2016 sampai dengan Mei 2017 di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diadaptasi dari Singaram (2008) yaitu kuesioner persepsi mahasiswa terhadap efektivitas grup tutorial. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 263 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik consecutive sampling. Hasil analisis statistik menggunakan uji chi-square menunjukkan nilai p = 0,000 (p < 0,05). Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang beridentitas etnik Minangkabau sebesar 196 orang dan yang beridentitas etnik non-Minangkabau sebesar 67 orang. Sebagian besar mahasiswa memiliki persepsi yang baik terhadap efektivitas grup tutorial. Pada hasil analisis bivariat diperoleh hubungan antara identitas etnik mahasiswa fakultas kedokteran dengan persepsi efektivitas grup tutorial ( p=0,000 ). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara identitas etnik mahasiswa fakultas kedokteran dengan persepsi efektivitas grup tutorial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, PhD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 13 Jun 2017 14:51
Last Modified: 13 Jun 2017 14:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25551

Actions (login required)

View Item View Item